Rumput Bandotan Untuk Tumor, Ini Cara Pengobatannya

  • Whatsapp
Rumput Bandotan untuk Tumor
Ilustrasi Rumput Bandotan/Flickr/IITA Forest Center

LITERA NEWS РSiapa yang kira, rumput yang dikira gulma, Bandotan ternyata bermanfaat untuk obat Tumor.  Cara pengobatannya dan meramunya pun tidak rumit.

Padahal bandotan ini kerap dicabut begitu saja, karena minimnya informasi manfaat rumput bandotan untuk kesehatan.

Bacaan Lainnya

Namun jika ditelaah lebih jauh, khasiat rumput bandotan di bidang kesehatan ada banyak sebagai obat herbal, khususnya mengatasi tumor.

Bahkan tak hanya tumor, Rumput Bandotan digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati ragam penyakit lainnya, misalkan, demam, malaria, sakit tenggorokan, radang paru, radang telinga tengah, pendarahan rahim, luka berdarah, dan mimisan.

Tak hanya itu saja, rumput bandotan juga digunakan untuk mengatasi masalah diare, disentri, mulas, muntah, perut kembung, keseleo, pegal linu, mencegah kehamilan, badan lelah sehabis bekerja berat, produksi air seni sedikit, sampai perawatan rambut.

Untuk mengatasi tumor, rumput bandotan ini bermanfaat mengatasi tumor rahim. Tumor rahim (fibroid) terjadi jika sel otot rahim tumbuh abnormal di lapisan dinding rahim.

Jadi tumor rahim ini adalah pertumbuhan abnormal atau yang disebut juga dengan tumor jinak pada otot yang tumbuh di rahim seseorang.

Jenis tumor rahim memang pada umumnya tidak bersifat ganas, akan tetapi, keberadaan tumor rahim ini sangat dikhawatirkan seorang perempuan yang sedang hamil atau seseorang wanita yang tengah berencana hamil.

Tumor rahim ini dapat muncul di rahim, dindin rahim, dan permukaan rahim. Dalam istilah medis, tumor rahim dikenal dengan istilah miom atau leiomioma.

Miom inilah yang tumbuh terdiri dari satu tumor, akan tetapi bisa juga muncul dalam jumlah banyak di rahim. Ukuran besar tumor rahim ini bervariasi. Dari ukuran sebesar biji-bijian sampai ukuran yang sangat besar.

Mengenal Rumput Bandotan Untuk Obat Tumor Rahim

Rumput Bandotan adalah tumbuhan terna semusim. Tanaman rumput liar ini satu spesies dengan tanaman yang masuk ke golongan Ageratum conyzoides L. Tanaman ini keluarga atau famili Asteraceae.

Ciri-ciri rumput bandotan pada umumnya adalah memiliki daun yang warnanya hijau, berbentuk bulat telur panjang 1-10 cm, dengan lebar 0,5-6 cm.

Rumput ini memiliki buah berwarna hitam dan bentuknya kecil. Tanaman ini bisa hidup di ketinggian 1-2.100 meter di atas permukaan laut (dpl).

Tinggi tanaman ini mencapai 30-90 cm. Batangnya berbentuk bulat berambut panjang, jika menyentuh bagian tanah, maka akan mengeluarkan akar.

Di setiap daerah, Rumput Bandotan ini memiliki beragam sebutan atau nama. Di Sumatera misalnya, selain dikenal bandotan, juga dikenal dengan nama daun tombak, siangit, tombak jantan, siangik kahwa, sampai rumput tahi ayam.

Demikian di Jawa, tanaman ini selain dikenal bandotan juga disebut dengan nama babadotan dan babandotan. Bahkan tak hanya itu saja, ada kepanjangan dari babadotan, seperti leutik, beureum, hejo dan lainnya.

Bahkan di Jawa juga disebut dengan wedusan atau dus wedusan. Sementera di Sulawesi, tanaman ini disebut dawet, lawet, rukut manooe, rukut weru, dan sopi.

Kandungan yang dimiliki Rumput Bandotan

Ketika bicara khasiat rumput bandotan tentu harus berbicara kandungan apa yang dimiliki tanaman tersebut, sehingga khasiatnya sangat bermanfaat luas untuk pengobatan di bidang kesehaatan. Utamanya untuk tumor.

Pasalnya rumput bandotan ini tak hanya untuk tumor saja, seperti yang sudah disebutkan di atas beragam penyakit bisa di atasi dengan tanaman yang dikira gulma pada umumnya.

Berikut kandungan rumput bandotan dikutip Litera News dari Kitab Herbal Nusantara, terbitan Penerbit Kata Hati:

  • Asam Amino
  • Organacid
  • Pectic Substance
  • Minyak Asiri Kumarin
  • Ageratichromene
  • Friedelin
  • B-sitosterol
  • Stigmasterol
  • Tanin
  • Sulfur
  • Potassium Chlorida dan Minyak Asiri
  • Alkaloid, dan
  • Kumarin.

Dengan kandungan yang dimiliki ada banyak khasiat yang didapatkan dari rumput bandotan ini banyak yang bisa dimanfaatkan seperti yang telah disebutkan di atas, termasuk untuk atasi tumor rahim.

Sementara itu untuk pengobatan bagian yang digunakan adalah herba atau bagian di atas tanah pada tanaman, dan dibagian akar rumput bandotan. Herba yang digunakan adalah herba segar atau yang telah dikeringkan.

Cara Pengobatan Tumor Rahim

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana dengan cara pengobatan tumor rahim dengan menggunakan rumput bandotan?

Di dalam refrensi rujukan yang sama dijelaskan, bahwa untuk mengatasi tumor rahim, pengguna rumput bandotan cukup dengan rebus 30-60 gram herba bandotan kering segar atau 15-30 gram herba kering dalam tiga gelas air sampai tersisa menjadi satu gelas.

Selain direbus, herba segar dapat juga ditumbuk. Air rebusan atau air perasannya diminum satu gelas sehari.

Baca Juga: Ramuan Obat Diare dari Kunyit, Ini Khasiat & Cara Buatnya

Itulah tentang manfaat dan cara pengobatan tumor rahim dengan menggunakan rumput bandotan. Semoga sehat dan terhindar, demikian juga sembuh dari penyakitnya. Walahuallam, semoga, aamiin. ***

(Sumber: Buku Kitab Herbal Nusantara “Kumpulan Resep & Ramuan Tanaman Obat untuk Berbagai Gangguan Kesehatan, Penerbit Kata Hati).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *