Manfaat Pelukan Bagi Kesehatan, Atasi 10 Hal Ini

  • Whatsapp
Manfaat Pelukan Bagi Kesehatan
Ilustrasi Pelukan Anak dan Ayah/Pixabay/Pezibear

LITERA NEWS – Tahukah Anda bahwa menerima sebuah pelukan tidak hanya sebagai ungkapan kasih dan sayang tapi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan Anda.

Anda mungkin kerap merasakan perasaan Anda menjadi membaik setelah menerima sebuah pelukan dari orang-orang terkasih, seperti orang tua ayah dan ibu, adik atau kakak, serta pasangan Anda.

Bacaan Lainnya

Apalagi jika Anda dalam keadaan tidak baik-baik saja, menerima sebuah pelukan pasti bisa membantu Anda menenangkan diri dari permasalahan yag sedang Anda hadapi.

Hanya saja memberi sebuah pelukan pada orang-orang terkasih terkadang untuk sebagian orang bisa saja hal yang sulit dilakukan. Hal ini dikarenakan rasa gengsi yang tinggi dan tidak terbiasa melakukannya.

Manfaat Sebuah Pelukan Bagi Kesehatan

Mungkin dengan mengetahui lebih detail manfaat berpelukan bagi-bagi kesehatan fisik dan psikis Anda  dapat menurunkan gengsi Anda untuk memeluk orang-orang yang Anda sayang.

Berikut Litera News melansir manfaat sebuah pelukan dari laman the health, simak selengkapnya:

1. Meningkatkan Kemampuan untuk Mengatasi Stres

Menurut penelitian, sebuah pelukan dapat membantu seseorang lebih mudah meredakan stres. Pelukan seolah menjadi hal yang menyenangkan apalagi dihari-hari yang sulit.

Meski tidak semua stres dapat diatasi dengan hal yang sama, tapi semakin sering Anda menerima sebuah pelukan maka beban Anda akan terasa lebih berkurang.

2. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Orang yang jarang mendapatkan kasih sayang berupa sentuhan fisik, rentan terkena flu dibanding orang yang kerap menerimanya seperti sebuah pelukan.

Menurut penelitian yang diterbitkan psychological science, menerima sebuah pelukan dapat menjaga kesejahteraan mental, meningkatkan kekebalan tubuh dari penyakit dan mengurangi stres.

3. Memiliki Kesehatan Mental yang Lebih Baik

Menurut Cordova, orang yang kerap menerima sebuah pelukan lebih kebal terhadap gangguan kecemasan dan depresi.

Berpelukan merupakan satu hal kecil yang dapat membuat kesehatan mental kita jauh lebih membaik, untuk itu jika Anda ingin sehat secara mental Anda mungkin bisa meminta orang-orang terkasih untuk memeluk Anda.

4. Menguatkan Ikatan Batin

Hanya sebuah pelukan ternyata dapat menguatan ikatan batin antara seseorang dengan orang yang lain.

Hal ini terutama berlaku bagi pasangan, berpelukan selain menambah romantisme hubungan juga dapat menguatkan ikatan batin Anda bersama pasangan.

5. Mengurangi Rasa Sakit

Para peneliti mengungkapkan, berpelukan dapat mengurangi rasa sakit mungkin disebabkan empati bersama yang seolah ditransfer melalui sebuah pelukan.

Ternyata, semakin erat pelukan Anda maka rasa sakit yang Anda rasakan bisa semakin mereda.

6. Meningkatkan EQ

EQ yang merupakan kecerdasan emosional, bisa Anda tingkatkan melalui sebuah pelukan. Menurut para ahli, beberapa hal terkadang tidak dapat kita ungkapkan dengan baik.

Anda mungkin kadang tidak dapat menggambarkan atau mengenali perasaan Anda sendiri. Namun melalui pelukan Anda bisa dapat lebih memahami emosi dan keresahan yang sedang Anda rasakan.

7. Membantu Tekanan Darah Rendah

Banyak yang tidak mengetahui, bahwa berpelukan memiliki manfaat yang luar biasa dalam mengatasi tekanan darah rendah.

Berpelukan dapat mengurangi stres, sedangkan tekanan darah rendah atau hipotensi kerap dipicu oleh stres. Maka dari itu, berpelukan dapat membantu Anda jika memiliki penyakit tekanan darah rendah.

8. Tidur Malam Lebih Nyenyak

Menurut penelitian lebih dari 60% orang yang kerap mengalami kontak fisik seperti berpelukan sebelum tidur dengan pasangan memiliki tidur yang lebih nyenyak.

Ternyata, berpelukan bisa membuat tidur malam seseorang lebih nyenyak. Hal ini disebabkan, ketika seseorang mendapatkan sebuah pelukan, di saat itu terjadi peningkatan oksitosin.

Oksitosin ini yang membuat seseorang tidur lebih cepat dan lebih nyenyak.

Jika Anda sudah memiliki pasangan, maka penting sekali bukan menjadikan berpelukan sebagai sebuah kebiasan yang sehat bagi hubungan Anda?

9. Sistem Pencernaan Lebih Baik

Ternyata sebuah pelukan juga dapat membuat sistem pencernaan Anda berjalan lebih baik lho. Sebab ini masih berkenaan dengan oksitosin yang meningkat kadarnya saat Anda menerima pelukan.

Dampak positif lain dari oksitosin ialah memicu badan untuk beristirahat dan mencerna, sehingga berpengaruh pada sistem pencernaan Anda yang bekerja lebih baik.

Jadi, jika Anda sedang mengalami sembelit. Meminta sebuah pelukan tentu dapat meredakan sakit yang Anda rasakan.

10. Membangun Kepercayaan Diri

Manfaat menerima sebuah pelukan yang terakhir adalah membangun kepercayaan diri. Sebab sebuah pelukan membuat Anda merasa berharga dan pantas untuk dijaga. Hal inilah yang dapat memicu kepercayaan diri Anda meningkat.

Itulah, 10 manfaat menerima sebuah pelukan bagi kesehatan. Anda bisa mencobanya dengan orang-orang terkasih, eits tapi bukan dengan orang yang belum menjadi siapa-siapa Anda ya! ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *