Manfaat Berhenti Merokok, Simak Caranya Sesederhana Ini

  • Whatsapp
Manfaat Berhenti Merokok
Ilustrasi Berhenti Merokok/Pixabay/Myriams-Fotos

LITERA NEWS – Ada banyak manfaat yang diperoleh ketika seseorang berhenti merokok. Mengurangi aktifitas kebiasaan yang kerap dilakukan, bahkan menyudahi secara total.

Berhenti merokok memang kerap dianggap suatu hal yang sulit untuk para pecandu tembakau ini. Selain sudah menjadi gaya hidup, pecandu rokok kerap memegang erat kalimat merokok mati tidak merokok juga mati, jadi lebih baik merokok hingga mati.

Bacaan Lainnya

Namun tentunya dari sisi kesehatan perokok dan tidak akan lebih baik yang tidak. Para perokok juga tidak membahayakan yang tidak merokok. Sehingga, lingkungan berkomunitas dan berkomunikasi menjadi lebih baik.

Diketahui, ada banyak manfaat yang diperoleh ketika berhenti merokok dan terdapat langkah-langkah sederhana juga untuk berhenti merokok, seperti yang dilansir Litera News dari buku “5 Langkah Jitu Cara Berhenti Merokok” Karya Charles F. Wetherall.

3 Manfaat Utama Berhenti Merokok 

Ada 3 manfaat berhenti merokok yang dijelaskan dalam buku karya Charles F. Wetherall. Di antaranya:

1. Menghindari diri dari penyakit

Berdasarkan American Cancer Society (Lembaga Kanker Amerika) mereka menjelaskan bahwa faktor utama penyakit kanker paru-paru adalah rokok.

Lebih dari 100 orang setiap tahunnya perokok meninggal karna penyakit ini. Potensi terkena kanker paru-paru bagi perokok kemungkinannya lebih berlipat ganda dibanding orang-orang yang tidak merokok.

Selain kanker paru-paru, perokok juga rentan terkena penyakit emphysema. Emphysema merupakan pembengkakan pada kedua paru-paru yang menyebabkan sumbatan kronis.

Baca Juga: Ramuan Obat Diare dari Kunyit, Ini Khasiat & Cara Buatnya

Lebih jelas mengenai emphysema pada perokok, hal ini disebabkan karna merokok mengganggu fungsi paru-paru menghirup udara lalu memfilternya dan menyalurkan ke dalam darah. Itu kenapa, terjadi penyumbatan.

80% rokok menjadi penyebab penyakit emphysema ini dan menyebabkan 80.000 perokok meninggal dunia setiap tahunnya.

Selain kanker paru-paru dan empyshema, merokok juga dapat menyebabkan penyakit jantung, kematian janin, keguguran, hingga menyebabkan kelahiran prematur bagi perempuan yang merokok atau disebabkan karna si ibu menjadi korban perokok pasif.

2. Membantu Kondisi Ekonomi

Bayangkan, berapa banyak uang bagi para perokok menginvestasikan uangnya pada tembakau.

Coba kalkulasikan uang yang dikeluarkan untuk biaya merokok setiap tahunnya, mungkin hasilnya akan membuat kita tercengang.

Berhenti merokok sama dengan mendatangkan income baru setiap bulannya. Meski begitu, rasanya manfaat materi tidak dapat digantikan dengan manfaat kesehatan dong ya!

3. Menjadi Contoh yang Baik

Ayah bagi seorang anak tentu merupakan role model, begitu juga kakak untuk adiknya.

Perilaku yang dilakukan oleh seorang ayah, kakak, atau figur dalam keluarga akan dicontoh termasuk kebiasaan merokok.

Sehingga ketika seorang anak mereka merokok diusia muda, banyak soerang ayah yang tidak dapat melarang dengan tegas karna berkaca pada dirinya.

Maka, berhenti merokok bukan hanya untuk kepentingan kita semata, tapi juga untuk anak, adik, dan keluarga kita.

Masih banyak manfaat yang didapat dengan berhenti merokok, serta terdapat langkah-langkah sederhana yang dapat membantumu untuk berhenti lho!

Cara Mudah Menghilangkan Kecanduan Merokok

Berhenti merokok, mudah atau sulit? Berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk Anda berhenti merokok.

1. Tentukan alasan yang mendorongmu untuk berhenti merokok

Kenapa, kamu harus berheti merokok? Mungkin keinginan datangnya dampak positif bisa menjadi salah satu alasanmu untuk berhenti merokok.

Faktor pendorong seseorang untuk merokok juga biasanya menjadi alasan terbesar seseorang untuk berhenti merokok.

Mungkin, sebagai pecandu rokok kita kadang tidak memikirkan alasan-alasan yang membuat kita kenapa merokok. Jadi, temukan alasanmu ya!

2. Klasifikasi rokok sesuai esensinya

Jika ditelaah lagi, sebenarnya seberapa pentingkah esensi rokok untuk hidupmu? Coba rasakan setiap merokok, apa jadinya jika kamu hidup tanpa rokok? Apakah hidupmu akan membaik atau justru terasa lebih buruk?

Esensi rokok pada kehidupan seseorang hanya dapat diputuskan oleh orang tersebut, sehingga jawabannya pun akan ditemukan oleh masing-masing.

3. Kurangi merokok secara teratur dan bertahap lalu berhenti secara total

Mengurangi rokok secara bertahap dapat menjadi solusi untuk berhenti. Jika tubuhmu telah terbiasa merokok secara bertahap dan jika telah berhasil mengurangi intensitasnya.

Maka selepas merokok secara bertahap, barangkali kamu bisa mencoba berhenti total. Sama sekali tidak menyentuh nikotin yang biasa kamu hirup. Semangat mencoba ya!

4. Bentengi diri dari keinginan untuk kembali merokok

Tidak jarang, usaha untuk berhenti merokok berhasil dilakukan tapi selepas itu si perokok kembali mencoba merokok lagi.

Hal ini disebabkan banyak faktor, seperti tidak memiliki keinginan yang kuat untuk menahan. Tidak membatasi diri dari pergaulan dengan para perokok, serta tidak memiliki kegiatan lain pengganti aktivitas merokok.

Baca Juga: 15 Teori Konspirasi yang Paling Menakutkan, Ternyata Kita Pernah Alami Hal Ini

Berdasarkan riset banyak orang yang merokok disebabkan kebosanan, barangkali selepas kamu berhenti merokok kamu bisa menggantinya dengan aktivitas lain.

Seperti olahraga, membaca buku, bercocok tanam, memancing atau mengikuti kegiatan positif seperti berkomunitas, menjadi volunteer, menggeluti hobi dan lain-lain sesuai passionmu.

Mulai perlahan dan terus berusaha, berhenti merokok itu mudah! Selamat mencoba. Semoga berhasil. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *