Efek Samping Daun Pegagan NGERI, Tapi Banyak Manfaat

  • Whatsapp
Efek Samping Daun Pegagan
Ilustrasi Daun Pegagan/Pixabay/u_3heuehh9

LITERA NEWS – Dibalik banyak manfaat, daun pegagan terdapat efek samping yang mengerikan, karena bisa membuat pengkonsumsinya koma. Ini diakibatkan jika ramuan pegagan dikonsumsi terlalu banyak.

Diluar efek samping yang dikhawatirkan tersebut, daun, akar, batang dan bagian lainnya yang bermanfaat bisa dibuat ramuan tunggal maupun dicampur dengan tanaman herbal lainnya.

Bacaan Lainnya

Tanaman terna yang hidup sepanjang tahun ini diketahui memiliki kandungan senyawa aktif yang sangat banyak, sehingga ia berkhasiat di bidang kesehatan.

Padahal di luar dahsyatnya yang dimiliki daun pegagan, umumnya daun ini disebut dengan tumbuhan pengganggu. Apalagi tanaman ini sering dijumpai di area persawahan ataupun perkarangan rumah.

Pegagan juga termasuk salah satu jenis tanaman yang berbunga sepanjang tahun. Maka sangat mudah ditemui di banyak tempat.

Ketersediaan yang melimpah daun pegagan ini bisa menjadi alternatif pilihan, terutama dalam khasiatnya yang sangat banyak di bidang kesehatan.

Apalagi khasiat daun pegagan bagi kesehatan ini tak hanya bisa mempercantik atau memperhalus wajah dengan mengatasi jerawat. Tetapi juga sampai pengobatan hepatitis.

Berikut khasiat atau manfaat yang bisa dirasakan yang mengkonsumsi ramuan daun pegagan bagi kesehatan:

  1. Mampu mengobati penyakit hepatitis
  2. Mengobati penyakit campak, demam, amandel (tonsilis), dan sakit tenggorokan
  3. Mampu menurunkan tekanan darah
  4. Dapat menghambat terjadinya keloid
  5. Dapat mengatasi infeksi batu pada saluran kencing
  6. Menurunkan gejala depresi, meningkatkan fungsi mental dan kognitif yang lebih baik
  7. Mampu mengatasi wasir dan konstipasi
  8. Memperlancar peredaran darah
  9. Mengobati penyakit cacingan dan mimisan
  10. Mengatasi penyakit kulit, TBC, terkena gigitan ular, maupun bisul.
  11. Mampu mengatasi gangguan pencernaan, dan
  12. Mengobati penyakit sinusitis dan flu.

Efek Samping Daun Pegagan yang Harus Diketahui

Dari banyak manfaat yang bisa dirasakan di atas, ada efek samping daun pegagan dan ramuannya yang harus diketahui.

Ini penting dipahami agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Serta bisa mendapatkan manfaat, tanpa merasakan efek samping.

Apalagi ada fakta menarik untuk pegagan. Sebab, selain dapat digunakan sebagai obat alami, pegagan ternyata juga dapat digunakan sebagai bahan lalapan.

Jadi bagi yang sedang ingin mengonsumsi pegagan ada catatan yang harus diingat baik-baik, antaranya, konsumsi pegagan tidak boleh terlalu banyak.

Jika konsumsi pegagan terlalu banyak yang dikhawatirkan adalah dapat menyebabkan sakit kepala hingga koma. Di samping itu, jangan mengonsumsi pegagan dalam jangka waktu yang lama.

Nah peringatan ini perlu diingat baik-baik untuk menghindari efek samping yang berdampak buruk bagi kesehatan.

Cara Mengkonsumsi Ramuan Daun Pegagan

Seperti yang telah dijelaskan di atas, daun pegagan selain dapat dikonsumi lewat ramuan dan sebagai bedak atau pemanfaatan tepung, bisa juga digunakan sebagai lalapan makan.

Dalam pemanfaatan ramuan pegagan untuk mengatasi penyakit bisa dilakukan dengan cara diminum maupun dioleskan.

Ramuan pegagan bisa dijadikan ramuan tunggal maupun dicampur dengan tanaman herbal lainnya. Misalnya saja seperti pada racikan obat tifus dan obat jerawat yang menggunakan pegagan.

Cara membuat ramuan daun pegagan untuk menjadi obat tifus daun pegagan akan dicampur dengan tanaman herbal lainnya.

Daun pegagan yang digunakan 1 genggam, batang tapak liman 5 batang, daun jintan hitam 1/2 gengam, madu 1 sendok makan dan air 1 gelas (200 ml).

Bahan-bahan tersebut diracik dengan cara, semua bahan dicuci hingga bersih. Lalu masukkan dalam wadah dan rebus dengan air hingga mendidih. Selanjutnya disaring, lalu ditambahkan madu. Terakhir diaduk sampai rata, dan angkat.

Sementara untuk aturan minumnya, ramuan daun pegagan untuk mengatasi penyakit tifus ini diminum dua kali sehari, waktunya bisa pagi dan sore hari.

Demikian untuk racikan obat jerawat. Ini adalah salah satu manfaat daun pegagan untuk wajah. Bahan-bahan yang digunakan, daun pegagan 5 lembar dan bedak dingin secukupnya.

Bahan tersebut diracik. Cara meraciknya dengan menghancurkan daun pegagan, kemudian dicampur dengan bedak dingin, lalu siap digunakan untuk maskeran.

Aturan pakai ramuan ini dengan cara dioleskan pada bagian wajah yang berjerawat setiap menjelang tidur malam.

Kandungan Dalam Pegagan yang Membuatnya Kaya Khasiat

Tak disadari memang, tanaman yang dianggap gulma ini memiliki banyak kandungan senyawa aktif. Di luar kekhawatiran efek samping daun pegagan yang menyebabkan sakit kepala hingga koma. Namun masih bisa diatur dengan mengikuti petunjuk penggunaan dengan tidak mengkonsumsinya terlalu banyak dan terlalu lama.

Penting untuk diketahui adalah kandungan senyawa aktif yang dimiliki pada tanaman tersebut, yakni:

  • Triterpenoid
  • Isothankuniside
  • Glikosida triterpenoida
  • Madecassoside
  • Brahmic-acid
  • Meso-inositol
  • Brahminoside
  • Glikosida saponin
  • Thankuniside
  • Madasiatic acid
  • Centellose
  • Carotenoids
  • Kalium
  • Hydrocotylin
  • dan Asiaticoside.

Masing-masing kandungan senyawa itu memiliki fungsi dan manfaatnya. Misalnya saja, pada Asiaticoside ini merupakan senyawa yang berfungsi meningkatkan stimulasi sel darah dan sistem imun.

Selain itu, senyawa ini juga tergolong sebagai salah satu antibiotik alami.

Baca Juga: Ramuan Obat Diare dari Kunyit, Ini Khasiat & Cara Buatnya

Sebaiknya tidak perlu khawatir soal efek samping daun pegagan, selagi masih mengikuti aturan yang berlaku, sesuai penjelasan di atas.

Namun untuk memahami lebih jelas terkait hal tersebut, alangkah baiknya dengan didampingi orang-orang yang paham tentang pengobatan herbal. Demikian bisa juga dengan pendampingan dokter. ***

(Sumber: Herbal TOGA “Tanaman Obat Keluarga” Karya Tony Pranata, Penerbit Aksara Sukses).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *