Chinese Money Plant, Ini Cara Merawat dan Budidayanya

  • Whatsapp
Cara Merawat dan Budidaya Chinese Money Plant
Chinese Money Plant/Flickr/Kiasog

LITERA NEWS – Chinese Money Plant adalah salah satu jenis budidaya tanaman hias yang sedang naik daun dan paling banyak diburu atau dicari saat ini, apalagi cara merawat tanaman yang cukup mudah.

Kini diketahui, budidaya tanaman hias sudah menjadi gaya hidup bagi masyarakat. Termasuk perburuan Chinese Money Plant untuk melengkapi keindahan rumah.

Bacaan Lainnya

Ini sebagai jalan alternatif, aktifitas di tengah pandemi dan dalam mengatasi kejenuhan lewat tanaman menjadi pilihan yang bisa dilakukan.

Dengan demikian berbagai upaya mempercantik ruangan rumah untuk harus juga bisa dilakukan bagaimana melakukan perawatannya, bagaimana cara merawat, dan cara budidaya yang bisa dilakukan agar tanaman berkembangbiak.

Dengan berkembangbiaknya tanaman tentu akan menjadi pilihan juga untuk meningkatkan ekonomi bisnis di bidang tanaman hias.

Demikianlah money plant ini menjadi bagian kehidupan masyarakat, karena alasan cara merawat dan budidaya tanaman hias ini cukup mudah.

Selain itu tentunya tanaman ini dikenal dengan tampilannya yang cantik disertai hiasan bunga kecil-kecil berwarna pink keungunan, bunga itu menghiasi daun yang berbentuk bulat pipih seperti koin.

Tak hanya itu saja, keindahan nama tanaman ini juga diikuti uniknya nama tanamannya. Tanaman yang memiliki daun berbentuk bulat ini berasal dari China, maka itu jugalah alasan kenapa tanaman ini disebut Chinese Money Plant.

Cara Merawat dan Budidaya Chinese Money Plant

Money Plant memiliki nama asing atau istilah lainnya dengan sebutan pilea peperomioides dan pancake plant. Tanaman ini pun banyak ditemukan di marketplace.

Harga Chinese Money Plant ini dibandrol hingga ratusan ribu rupiah. Namun ada juga Chinese Money yang bisa dibawa pulang dengan harga kisaran Rp65 Ribu saja.

Tentu ini menjadi salah satu tanaman hias yang menarik untuk dicoba, tak hanya sebagai media mempercantik rumah, tetapi juga bisa menjadi ide bisnis di tengah pandemi dengan budidaya money plant.

Tanaman ini di pasaran cukup diterima masyarakat. Apalagi jika melihat harganya yang cukup terjangkau. Untuk itu, beberapa hal yang harus dipahami adalah tentang upaya merawat dan budidaya tanaman ini.

Berikut yang bisa dilakukan untuk melakukan perawatan dan budidaya money plant.

1. Pengaturan Cahaya dan Suhu

Pemberian cahaya dan pengaturan suhu yang tepat adalah langkah penting dalam proses perawatan tumbuhan hias jenis apapun. Termasuk money plant.

Untuk tanaman berdaun tebal dan berbatang keras, menunjukkan ciri bahwa tanaman ini memerlukan cahaya yang langsung dari paparan sinar matahari, tak terkecuali chinese money.

Jika chinese money ini kekurangan cahaya, daunnya akan mengkerut atau bahkan menggulung tak lagi berbentuk seperti koin. Selain itu juga warna daun akan berubah menjadi pudar.

Namun, jika hal tersebut terjadi. Jangan langsung memindahkan tanaman chinese money dari tempat yang gelap ke tempat yang benar-benar terang.

Pindahkan secara bertahap dari tingkatan cahayanya sehingga tanaman tidak kaget dan daun tidak berubah menjadi berbintik karena terbakar.

Meskipun membutuhkan cahaya secara langsung, disarankan agar Anda menghindarkan matahari siang dan sore yang terlalu lama pada tanaman ini, selain itu hindari juga penempatan di lokasi yang gelap.

Taruh tanaman pada suhu tidak kurang dari 13°C, janga sampai terlalu beku maka akan berbahaya pada tumbuh kembang tanaman.

2. Proses/Cara Menyiram Chinese Money

Seperti tanaman pakis bintang biru, proses penyiramannya menggunakan teknik yang hampir sama yaitu dengan menyiramkan air lalu menunggu air tersebut kering baru menyiramnya kembali.

Jika pemberian cahaya dan suhu tepat, maka Anda perlu menyiram chinese money ini beberapa kali dalam seminggu dan ketika musim dingin atau penghujan Anda dapat mengurangi intensitasnya.

Jangan biarkan chinese money Anda terlalu kering, ini akan mengakibatkan layu dan fatalnya bisa membuat tanaman mati.

Namun, jika airnya terlalu banyak atau tanah terlalu lembab maka hal yang sama juga bisa terjadi karena akar membusuk.

Meskipun chinese money lebih menyukai ruangan yang lembab, tapi Anda perlu mengatur dengan tepat kehangatan dan suhu udara agar terjadi keseimbangan pada pertumbuhan tanaman.

3. Media Tanam

Beri makan chinese money menggunakan pupuk tanaman seperti pupuk tanaman biasanya atau Anda juga dapat menggunakan pupuk yang biasa digunakan untuk tanaman kaktus.

Pupuk ini juga memiliki fungsi yang sama untuk membantu menyuburkan tanaman chinese money.

4. Repotting

Chinese money mengalami pertumbuhan yang cepat, oleh sebab itu proses repotting atau pergantian media tanam harus dilakukan sampai dua kali dalam rentang waktu satu tahun untuk tahun-tahun pertama.

Untuk kedepannya, Anda hanya perlu repotting satu tahun sekali saja.

Pada proses repotting yang perlu Anda perhatikan adalah mengganti pot ke ukuran yang lebih besar beberapa inci dari pot sebelumnya, dan mengganti media tanam dalam pot.

Jangan sampai lupa menggunakan pot dengan sistem drainase atau memiliki lubang-lubang pembuangan air yang bagus. Hal ini berguna agar akar memiliki ruang dan tidak membusuk karena terendam.

Namun, untuk chinese money ini carilah pot drainase yang memiliki sedikit ruang juga untuk menampung air.

Dikarenakan tanaman ini selalu haus dan untuk meminimalisir resiko kekeringan Anda dapat melakukan menyiramnya setiap hari dengan takaran yang tepat.

5. Proses Berkembang Biak Chinese Money

Tanaman ini memang mengalami perkembangbiakan yang sangat cepat. Cara budidaya untuk mengembangbiakan tanaman ini bisa lewat biji.

Hanya saja jika menggunakan biji yang perlu diperhatikan adalah biji yang harus digunakan segar. Biji segar Chinese Money ini bisa membantu tanaman tumbuh dengan baik.

Jika lewat biji memang terlalu nama untuk bisa tumbuh berkembang. Ada cara lain untuk memudahkan proses budidaya atau memperbanyak tanaman.

Untuk cara mudahnya, Anda dapat menggandakan dari tanaman yang sudah tumbuh dewasa. Hal ini dapat dari titik pertumbuhan batang, di antara batang-batang besar yang tumbuh tentu terdapat tunas-tunas muda yang memiliki batang bagian bawah berwarna merah.

Jadi yang perlu dilakukan adalah dengan mencabut batang kecil berwarna merah tersebut untuk menjadi tanaman chinese money yang baru.

Di dalam hal ini, Anda tidak perlu takut, sangat kecil kemungkinan untuk gagal menggunakan cara yang satu ini.

Untuk diketahui, cara penggandaan melalui tunas, terdapat dua cara yang bisa digunakan ketika mencabutnya:

  1. Cara pertama, cabut seluruh sistem akarnya dan chinse money akan tumbuh dengan akar yang padat dan daun yang berdekatan.
  2. Atau cara yang kedua, mencabutnya tanpa akar dengan memotongnya maka chinese money akan tumbuh seperti batang inti.

Setelah itu masukan tanaman chinese money dalam air, cukup bagian batangnya saja yang terendam. Daun di atasnya biarkan mengambang.

Hanya dalam beberapa minggu, tanaman kecil ini akan memiliki akar yang sempurna kembali dan siap dipindahkan pada pot yang berisi media tanam seperti tanaman inti.

Biasanya, para pecinta tanaman hias akan membuat ukuran chinese money dalam ukuran yang kecil hingga sedang saja.

Meski ada saja yang membiarkannya tumbuh tinggi dan melebar, dengan membiarkan tunas-tunas muda di sekeliling tanaman inti bertumbuh.

Nah, itulah cara merawat dan cara berkembang biak tanaman chinese money. Apakah Anda tertarik mengoleksi tanaman koin ini di rumah Anda. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *