Cara Merawat Tanaman Strings of Heart dengan Mudah

  • Whatsapp
Cara Merawat Tanaman Strings of Heart
Ilustrasi Tanaman Strings of Heart/Flickr/Heili Rüütel

LITERA NEWS – Strings of heart, tanaman yang berasal dari Afrika Selatan ini merupakan tanaman yang dianggap sulit dirawat, tapi jika Anda telah mengetahui cara dan kunci merawat tentu akan menjadi hal yang mudah.

Strings of Heart memiliki nama lain ceropegia woodi, sweet heart vine dan rosary vine. Tanaman ini memiliki daun yang indah, berbentuk hati sesuai namanya.

Bacaan Lainnya

Strings of heart ini juga tumbuh dengan bunga-bunga kecil berwarna ungu saat musim panas yang semakin mempercantik tampilannya.

Tanaman ini dapat tumbuh merambat hingga 90 centimeter atau bahkan lebih, dan memiliki harga yang murah meriah. Pasalnya di pasaran harga Strings of Heart dapat dibeli mulai dari Rp40 ribu saja.

Kunci Sukses Merawat Tanaman Strings of Heart dengan Cara Termudah

Cara Merawat Tanaman Strings of Heart
Ilustrasi Tanaman Strings of Heart/Flickr/Heili Rüütel

Cara merawat strings of heart ini tentu akan mudah saja bagi Anda jika mengenal lebih dalam lagi tanaman ini. Banyak hal yang perlu Anda pelajari, agar Anda tidak salah langkah dalam proses perawatan sehingga membuat tanaman Anda mati.

Hal yang penting Anda perhatikan saat merawat, seperti tidak lupa membersihkan daun-daun yang telah mati, bersihkan juga debu-debu yang menempel, perhatikan apakah terdapat hama dan penyakit terutama pada akar tanaman Anda.

Hal ini bertujuan agar membantu strings of heart lebih mudah berfotosintesis. Selain itu, agar tumbuh kembang tanaman ini berjalan baik Anda perlu memahami kondisi cahaya yang dibutuhkan, pemberian air dan pupuk, pergantian media tanam serta cara menanamnya.

Untuk lebih detailnya, Litera News melansir dari berbagai sumber agar Anda memahami kunci merawat strings of heart sebagai berikut:

1. Kondisi Cahaya

Seperti tanaman chinese money, strings of heart meski menyukai cahaya yang terang juga tidak dapat menerima cahaya secara langsung dari matahari.

Jika di dalam ruangan mereka dapat disimpan di dekat jendela, sedangkan jika diluar rumah mereka dapat ditaruh ditempat yang teduh.

Jika daun strings of heart menjadi lebih lebar, lebih mengkilap, atau bahkan berlubang maka itu artinya tanaman ini membutuhkan asupan cahaya lebih banyak lagi.

Sedangkan, jika daun tampak layu, mengkerut atau parahnya menjadi hangus terbakar itu artinya Anda perlu mengurangi kadar cahaya pada tanaman hati ini.

2. Penyiraman Air

Seperti tanaman sukulen lainnya, tanaman strings of heart juga tidak dapat terendam air dalam potnya. Tanaman ini dalam proses penyiraman dapat diberikan air kembali setelah air yang sebelumnya telah kering meresap.

Untuk musim dingin atau penghujan, tanaman ini hanya membutuhkan sedikit air saja.

Berikan takaran yang tepat untuk pemberian air pada tanaman Anda, sebab jika air terlalu banyak daun akan mengunging bahkan berguguran.

3. Pemberian Pupuk

Pupuk adalah hal yang penting untuk tanaman. Termasuk Strings Of Heart. Tentu tidak sulit mendapatkan pupuk untuk memenuhi kebutuhan tanaman yang cantik ini.

Ibarat pemberian makanan, Anda hanya perlu memberinya pupuk cair yang ditambahkan pupuk organik di setiap satu bulan sekali saja.

Bahkan, untuk musim penghujan mereka tidak perlu diberi makan sama sekali lho. Wah, selain tidak terlalu sulit dalam perawatannya, tanaman ini juga hemat sekali ya!

4. Pergantian Media Tanam

Lakukan pergantian media tanam atau yang dikenal dengan istilah repotting. Langkah ini diperlukan untuk dilakukan pada tanaman strings of heart selama satu sampai satu setengah tahun sekali di musim panas.

Berbeda dengan tanaman lain, tanaman ini Anda tidak perlu mengganti dengan pot yang ukurannya lebih besar. Anda cukup menggunakan pot baru dengan ukuran yang sama dengan sebelumnya.

Hal ini dikarenakan pot yang lebih besar akan menenggelamkan akar strings of heart. Selain itu juga, menggunakan pot dengan ukuran yang sama juga berpengaruh pada ukuran tanaman yang tidak akan berubah setelah repotting.

Sediakan tanah yang baru dalam pot, pangkas daun-daun yang telah mati, berikan kembali pupuk, maka selepas ini tanaman Anda seolah lahir kembali!

5. Cara Menanam Strings of Heart

Cara Merawat Tanaman Strings of Heart
Ilustrasi Tanaman Strings of Heart/Flickr/Heili Rüütel

Ada tiga cara yang dapat Anda lakukan untuk memperbanyak strings of heart Anda, Anda dapat menjadikannya sebagai koleksi Anda atau bahkan untuk Anda jadikan sebagai ladang usaha, berikut tiga caranya!

A. Menanam Strings Of Heart dengan Menggunakan Media Air

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan media air. Anda hanya perlu menyiapkan vas bunga berisi ari, dan gunting.

Setelah itu Anda hanya perlu memotong bagian tanaman ini, lalu menyimpannya pada vas bunga yang telah diisi air tersebut.

Letakan vas bunga pada tempat yang terang dengan pencahayaan yang cukup dan tunggu akarnya tumbuh dalam waktu beberapa hari saja!

B. Memperbanyak Strings Of Heart Lewat Tumbuhan yang Merambat dan Media Tanah

Cara kedua dengan menggunakan media tanah, merupakan cara kedua yang dapat Anda lakukan dengan memotong strings of heart yang tumbuh merambat.

Potong daun pada sisi yang akan Anda tempelkan pada tanah agar akar tanaman dapat tumbuh merambat kembali menjadi tanaman baru.

Untuk cara yang satu ini, penting Anda perhatikan kelembaban udara dan cahaya, selain itu jangan lupa sirami air setiap seminggu sekali untuk mempercepat pertumbuhannya.

C. Memperbanyak Strings Of Heart Lewat Umbi

Cara ketiga yang bisa dilakukan adalah media yang digunakan pada cara terakhir adalah menggunakan umbi tanaman strings of heart.

Dapatkan umbi tanaman ini, lebih baik jika berukuran besar atau bisa juga dengan mencabut seluruh tanaman strings of heart hingga umbinya.

Untuk yang hanya umbinya saja, Anda hanya perlu menanam umbi dalam tanah dan membiarkan akarnya tumbuh. Sedangkan, jika Anda mencabut semuanya Anda perlu memindahkan pada pot dan menunggu tanaman ini berakar kembali.

Itulah kunci mudah merawat string of heart, mulai dari pengaturan kondisi cahaya hingga tiga cara menanam strings of heart.

Melalui penjabaran di atas, Anda tentu dapat menilai apakah sulit atau tidaknya merawat strings of heart. Dengan cara-cara di atas, silakan Anda sudah bisa mencobanya di rumah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *