Cara Merawat Kaktus Kepiting (Kaktus Natal), Ini Tipsnya

  • Whatsapp
Cara Merawat Kaktus Kepiting (Kaktus Natal)
Kaktus Kepiting atau Kaktus Natal/Pixabay/chakoteh

LITERA NEWS – Meski dikenal dengan harga tanaman hias yang murah Rp20 – 100 Ribu per pot kecil, Kaktus Kepiting atau Kaktus Natal memiliki daya tarik sendiri, terlebih cara merawat yang bisa dilakukan cukup mudah.

Tidak hanya mudah dirawat, Kaktus Natal yang dikenal dengan nama, kaktus Thanksgiving atau kaktus Paskah ini juga mudah dirawat.

Bacaan Lainnya

Nama ilmiah Kaktus Kepiting, Schlumbergera bridgessii ini adalah tanaman hias yang berbunga di musim dingin, dan ini merupakan tanaman yang cukup populer diminati para pecinta tanaman hias.

Bahkan kehadiran tanaman golongan kaktus ini menjadi alat mempercantik ruangan di rumah-rumah, bahkan perkantoran.

Cara merawat dan cara budidaya kaktus kepiting ini pun cukup mudah. Mengoptimalkan kaktus ini berkembang biak tentu bisa menjadi sarana hiburan di tengah pandemi saat ini. Bahkan bisa menjadi peluang usaha selama di rumah aja.

Hanya saja memang yang perlu dipahami adalah bagaimana mengoptimalkan kaktus kepiting atau kaktus natal ini tetap memiliki harga jual yang tinggi.

Tentunya ada beberapa tahapan yang harus dilakukan agar tanaman tumbuh dengan baik dan berbunga dengan indah.

Tak jauh berbeda dengan kaktus tulang ikan, berbagai cara bisa dilakukan, di antaranya dengan melakukan beberapa cara berikut ini:

Cara Mudah Merawat dan Budidaya Kaktus Kepiting di Rumah

Mari kita lihat bagaimana cara menanam kaktus Natal atau kepiting ini dan cara yang baik dan benar dalam merawatnya.

Diketahui, menanam Kaktus Natal sangat mudah, karena bisa diperbanyak dengan cara memotong ruas pendek berbentuk Y dari ujung batang.

Namun, yang harus dipahami adalah pastikan bahwa pemotongan hanya diambil dari dedaunan tanaman yang sehat. Tanam segmen tersebut kira-kira seperempat panjangnya di tanah yang agak berpasir.

Selanjutnya yang bisa dilakukan adalah basahi secara merata dan letakkan potongan di area yang cukup terang, jauhkan dari sinar matahari langsung.

Untuk membasmi stek tanaman baru, potong pucuk dari ujung, potong pada sambungan kedua setiap ujung.

Pemotongan harus menunjukkan tanda-tanda pertumbuhan dalam beberapa minggu, di mana saat itu tanaman dapat dipindahkan ke wadah lain, jika diinginkan, dengan campuran tanah pot yang lebih longgar dari kompos, lempung dan pasir.

Naikan Harga Jual Kaktus Natal Dengan Cara Perawatan Ini

Cara merawat kaktus natal atau kepiting bisa dilakukan dengan beberapa tahapan. Dimulai dari pengaturan pencahayaan yang digunakan di rumah tempat budidaya, atau tempat meletakan tanaman ini.

Hal-hal yang perlu diketahui dalam perawatannya adalah Kaktus Natal akan beradaptasi dengan kondisi cahaya redup, tetapi tanaman akan mekar lebih cepat jika terkena cahaya yang lebih terang.

Meskipun demikian, terlalu banyak sinar matahari langsung dapat membakar daunnya, jadi simpan kaktus Natal di tempat yang sesuai untuk menghindari hal ini.

Sehingga yang perlu dipahami adalah jangan meletakan tanaman ini dan terkena matahari langsung. Untuk itu, penting juga diketahui terkait kelembaban yang dibutuhkan tanaman ini.

Untuk itu, menyiram secara sering dan menyeluruh sebenarnya dibutuhkan pada tanaman ini dengan beberapa catatan, yakni, selama pertumbuhan aktifnya di musim semi dan musim panas, menjaga tanah sedikit lembab.

Biarkan tingkat kelembapan kaktus turun dan mengering di antara interval penyiraman, tetapi jangan pernah sepenuhnya, dan jangan biarkan tanaman duduk di air, karena ini akan menyebabkan busuk akar dan batang.

Selanjutnya yang tak boleh dilupakan adalah menerapkan larutan pupuk tanaman rumahan ringan setiap minggu juga dapat diterima.

Suhu Udara Menanam Kaktus

Saat mempertimbangkan cara merawat kaktus Natal, perlu diingat ia juga lebih suka suhu berkisar antara 60 dan 70 derajat F. (15-21 C) dengan tingkat kelembaban rata-rata hingga tinggi.

Menempatkan nampan kerikil berisi air di bawah wadah kaktus Natal adalah cara yang baik untuk menambah kelembapan di rumah.

Ada beberapa hal yang harus dipahami dalam menanam tanaman ini agar kembali mekar. Ketahuilah bahwa, kaktus Natal berhenti berbunga biasanya akan terjadi pada musim gugur.

Jadi menunggu tanaman ini kembali berbunga mekar dalam jarak waktu 6-8 minggu. Selama itu ada beberapa hal yang harus dilakukan, yakni, membiarkan tanaman memulai siklus dormansinya.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengurangi kelembapan kaktus Natal dan mengurangi cahaya dan cahaya.

Untuk itu penting memperhatikan suhu pada tempat tanaman ditanam. Suhu yang dibutuhkan setidaknya cukup memastikan tanaman dapat menerimanya dengan baik.

Dalam hal ini yang bisa dilakukan adalah cukup dengan mengurangi penyiraman pada tanaman kaktus kepiting dan memastikan tanaman menerima 12-14 jam suasana gelap dan suhu rata-rata sekitar 50-55 F dan (10-12 C).

Demikian juga yang perlu diperhatikan adalah, jauhkan kaktus Natal dari area berangin. Jangan sampai membuat tanaman ini rusak. Karena jika rusak, maka dalam sisi budidaya untuk penjualan tidak akan menarik.

Beberapa tips dan catatan di atas sangat penting untuk diperhatikan dalam melakukan cara merawat tanaman kaktus kepiting ini.

Pasalnya jika sedikit saja melakukan kesalahan, yang dikhawatirkan akan merusak tanaman dan menyulitkan tanaman hias ini untuk berbunga indah. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *