Cara Mengatasi Spyware di HP Iphone dan Android

  • Whatsapp
Cara Mengatasi Spyware di HP
Ilustrasi Spyware/Pixabay/madartzgraphics

LITERA NEWS – Spyware patut diwaspadai ada pada HP dengan mengetahui cara mengatasi, baik di Iphone, maupun Android yang Anda miliki saat ini.

Spyware adalah sejenis perangkat lunak berbahaya (dikenal sebagai malware) yang dipasang di ponsel atau komputer korban untuk tujuan pencurian.

Bacaan Lainnya

Keberadaan HP, baik itu Android maupun Iphone dan jenis lainnya kini menjadikan aktivitas kehidupan lebih dimudahkan. Semua transaksi bisa dilakukan online lewat jejaring internet yang tersedia di HP.

Bahkan sampai transaksi pembayaran dan informasi-informasi pribadi di data lewat gadget yang dimiliki. Termasuk login ke email dan data diri pribadi penting lainnya.

Ini tentu semua orang lakukan, mulai dari aktivitas perbankan hingga belanja sampai mengirim email di ujung jari kita lewat Android maupun Iphone dan jenis produk Handphone lainnya.

Sayangnya, apa yang nyaman bagi kita juga nyaman bagi penjahat dunia maya, yang melihat ponsel kita sebagai harta karun berupa kata sandi, data, dokumen perusahaan, dan informasi pribadi yang dapat mereka gunakan untuk mencuri uang dan banyak lagi.

Salah satu cara mereka melakukannya adalah dengan menginstal spyware di iPhone dan Android yang kita miliki. Tentu ini menjadi salah satu ancaman keamanan seluler teratas yang dihadapi pengguna smartphone.

Lalu bagaimana cara mengatasi spyware di HP, yang membahayakan data diri dan bahkan keamanan smartphone Iphone maupun Android yang dimiliki?

Karena akan menjadi masalah lagi, jika kita tidak mengantisipasinya. Karena mungkin saja kita tidak akan menyadari hal itu terjadi. Kecuali kita tahu apa yang harus dicari.

Berikut Litera News kumpulkan dari berbagai sumber terkait mengatasi malware pada ponsel, terutama cara mengatasi spyware di HP Android dan Iphone yang dimiliki.

Cara Mudah Mengatasi Spyware di HP Iphone dan Android

Apa itu spyware? Dikutip dari Reade’r Digest, singkatnya, “Program Spyware memantau aktivitas online Anda, seperti pesan Anda dan situs yang Anda kunjungi. Bahkan mengirimkan informasi ini ke pihak lain tanpa persetujuan Anda,” jelas Craig Lurey, kepala petugas teknologi dan salah satu pendiri Keeper Security.

“Banyak program spyware berisi penebang keyboard, yang dapat digunakan untuk membobol password Anda. Beberapa program spyware bahkan dapat melacak lokasi fisik ponsel Anda, memungkinkan pihak lain untuk memantau pergerakan dunia nyata Anda,” kata dia menambahkan.

Ini dapat menyelinap ke perangkat dengan beberapa cara, catat Cindy Murphy, presiden Tetra Defense: “Mengklik tautan berbahaya, mengunjungi situs web jahat, atau mengunduh aplikasi melalui vendor yang tidak tepercaya adalah yang paling umum. Khususnya untuk iPhone, spyware biasanya sangat sulit dipasang kecuali perangkat di-jailbreak.”

Istilah jailbreaking mengacu pada proses yang digunakan orang-orang yang paham teknologi untuk menghapus batasan yang diberlakukan oleh Apple.

Jailbreaking memungkinkan pengguna memasang aplikasi, perangkat lunak, dan ekstensi yang tidak diizinkan oleh App Store Apple, menurut Norton Security.

Ini tidak ilegal, tetapi tidak disarankan, karena sering kali pembatasan tersebut diberikan oleh Apple untuk alasan keamanan.

Tanda peringatan spyware iPhone dan pelacak iPhone

Meskipun serangan spyware tidak umum di iPhone seperti di ponsel Android, hal itu bisa saja terjadi.

Waspadai tanda-tanda bahwa spyware mungkin telah diunggah ke ponsel Anda, serta cara lain untuk mengetahui apakah ponsel Anda telah diretas.

Baterai cepat habis dan terlalu panas

Dengan perangkat lunak berbahaya yang terus bekerja di latar belakang, ponsel Anda akan cepat habis, kata Murphy, dan pada gilirannya akan menjadi sangat panas.

Meskipun ini juga bisa menjadi tanda peringatan bahwa Anda memerlukan ponsel baru, Anda sebaiknya memeriksa perangkat lunak perusak terlebih dahulu.

Anda memiliki telepon yang sudah di-jailbreak

“Selain peningkatan risiko dari pengguna yang melakukan jailbreak pada perangkat iOS mereka sendiri (dan kemudian mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak tepercaya), kehadiran aplikasi bernama Cydia merupakan tanda bahaya,” kata Murphy.

“Aplikasi ini adalah Alat Paket Lanjutan (APT) untuk iOS yang memungkinkan pengguna untuk mencari dan menginstal perangkat lunak yang tidak diizinkan oleh Apple. Ini hanya akan berjalan pada ponsel yang di-jailbreak, memungkinkan pengguna tersebut untuk menginstal paket perangkat lunak yang mungkin akan digagalkan oleh toko aplikasi tepercaya. ”

Pesan SMS terenkripsi

Jika Anda menerima pesan teks aneh yang tampaknya berisi kode, itu adalah tanda mengkhawatirkan bahwa Anda telah terkena spyware, catat Lurey. Untuk penipuan SMS lainnya, pelajari lebih lanjut tentang smishing.

Lonjakan penggunaan data

“Semua aplikasi mata-mata bekerja dengan mengirim kembali data dari perangkat Anda ke peretas melalui Internet,” kata Russell Kent-Payne, salah satu pendiri dan direktur Certo Software.

“Artinya, Anda kemungkinan akan melihat peningkatan dalam penggunaan data jika ada spyware di ponsel Anda.”

Periksa tagihan Anda untuk lonjakan, atau jika Anda menggunakan paket tak terbatas, periksa penggunaan data Anda di bawah Seluler di Pengaturan iPhone Anda.

Bisakah Anda memasang spyware di iPhone?

“Ya, spyware dapat diinstal di iPhone meskipun memiliki fitur keamanan canggih,” Lurey memperingatkan.

“Seringkali, spyware dipasang melalui tautan phishing yang dikirim melalui SMS. Mengeklik tautan tersebut membawa Anda ke situs ‘unduh drive-by’ yang diam-diam menginstal spyware di ponsel Anda. Di lain waktu, aplikasi yang mengandung spyware berhasil masuk ke Apple Store. Intinya: iPhone bukannya ‘tidak dapat diretas’. Tidak ada perangkat yang “.

Dapatkah Anda mengetahui jika seseorang memata-matai iPhone Anda?

Ya, selain tanda peringatan yang tercantum di atas, Anda dapat mengunduh aplikasi pendeteksi mata-mata dari Apple Store, saran Lurey.

Jadi, bagaimana Anda menghapus spyware dari iPhone Anda?

Anda memiliki beberapa opsi di sini, dan itu lebih mudah dari yang Anda pikirkan. Kuncinya adalah segera bertindak setelah Anda mengidentifikasi masalahnya.

Tentu saja, Anda juga harus melihat apakah ada kerusakan yang terjadi dengan memeriksa tanda-tanda pencurian identitas.

Gunakan aplikasi pendeteksi spyware dan anti-spyware

Majalah Wired menyarankan Antivirus Incognito, Certo, dan Kaspersky.

“Ini adalah tiga aplikasi pemindaian telepon yang direkomendasikan dengan baik oleh penggunanya, dan mereka akan memberi tahu Anda jika Anda memiliki sesuatu yang perlu dikhawatirkan.”

Perbarui iOS

“Cara termudah untuk menghapus spyware dari iPhone adalah dengan melakukan pembaruan perangkat lunak (iOS),” kata Lurey.

“Jika ponsel Anda telah di-jailbreak, ini akan menghapus jailbreak.”

Catatan penting: Jika Anda tidak memperbarui perangkat lunak secara rutin, Anda membuat ponsel Anda rentan. Berikut ini lebih banyak indikasi Anda akan diretas.

Hapus aplikasi

Hapus aplikasi apa pun yang Anda tidak ingat pernah mengunduhnya. Saat Anda melakukannya, hapus beberapa lagi — jika aplikasi ini masih ada di ponsel Anda, seseorang mungkin memata-matai Anda.

Lakukan reset pabrik

“Ini adalah taktik terakhir yang seharusnya hanya digunakan jika tidak ada yang berhasil. Metode ini akan sepenuhnya menghapus semua data dari ponsel Anda, termasuk spyware apa pun,” catat Kent-Payne.

“Ini juga akan menghapus data pribadi Anda, jadi pastikan Anda mencadangkan kontak, foto, video, dll., Yang ingin Anda simpan. Untuk mengembalikan ke setelan pabrik pada perangkat iOS Anda, colokkan ponsel Anda ke komputer yang menjalankan iTunes, lalu setel ulang dari sana menggunakan opsi Pulihkan iPhone. ”

Periksa semua perangkat yang mengakses iCloud Anda

“Untuk pengguna iPhone, penting untuk tetap menyadari seberapa terhubung perangkat Anda dengan orang lain saat mempertimbangkan akun iCloud bersama,” kata Murphy.

“Semua laptop, iPad, atau perangkat iOS lainnya di akun iCloud yang sama akan berbagi banyak data melalui fungsi Apple Continuity and Sync.”

Ini berarti arsip cadangan Anda dapat diakses oleh penjahat dunia maya.

“Jika kredensial iCloud diambil, salinan cadangan dari file penting, foto, dan pesan dapat tersedia untuk pihak ketiga,” jelasnya.

“Untuk alasan ini, sangat penting untuk melindungi nama pengguna dan sandi Anda, dan selanjutnya melindunginya dengan mengaktifkan Multi-Factor Authentication (MFA).”

Ubah sandi Anda

Tentu saja, Anda tidak ingin berada dalam situasi ini lagi. Itulah mengapa Lurey menganjurkan kebersihan sandi yang baik.

“Setelah menghapus spyware, Anda pasti ingin menyetel ulang semua kata sandi Anda, atau setidaknya yang paling penting dan paling umum digunakan, seandainya spyware tersebut berisi logger keyboard,” sarannya.

“Pengelola kata sandi akan membuat tugas ini jauh lebih mudah, ditambah lagi menjaga keamanan kata sandi Anda di masa mendatang, jadi jika Anda tidak memiliki pengelola kata sandi sebelumnya, dapatkan sekarang.”

FYI, ini adalah 12 kesalahan sandi yang diharapkan peretas untuk Anda lakukan. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *