Cara Mengatasi Kerusakan Lingkungan dengan Ide-ide Gila

  • Whatsapp
Cara Mengatasi Kerusakan Lingkungan
Ilustrasi Kerusakan Lingkungan/Pixabay/sergeitokmakov

LITERA NEWS – Ide-ide gila bisa saja dilakukan sebagai upaya dan cara dalam mengatasi kerusakan lingkungan di bumi yang terajadi sampai hari ini.

Para ilmuan mengatakan bahwa tempratur di bumi naik 0,6 derajat celcius selama 100 tahun terakhir. Pemanasan ini sangat berbahaya karena akan membuat perubahan yang sangat besar di Bumi.

Bacaan Lainnya

Es-es di kutub akan cepat memeleh, sehingga daratan akan semakin sempit. Akibat lainnya, musim akan mengalami perubahan yang tidak menentu yang menyebankan tumbuhan mati dan gagal panen.

Hal ini membuat perubahan yang amat besar di Bumi, Manusia menjadi tersangka utama dalam perubahan yang terjai pada atmosfir dan bumi.

Sebagian manusia lainnya hadir dengan ide gila untuk menangani kerusakan yang menjadi dampak dari perubahan tersebut.

Seperti dikutip Litera News dari buku 110 tokoh dengan ide gila yang mendunia, ini lah beberapa ide yang menarik meski sulit dicoba.

7 Ide Gila Cara Mengatasi Kerusakan Lingkungan di Bumi

Baca Juga Artikel Berikut :

1. Penangkal panas penyelamat bumi

Isu global warming yang membuat bumi semakin panas, menorong seorang ilmuan bernama edward teller membuat sebuah ide gila menyelamatkan bumi dengan cara membuat “penghalang panas matahari raksasa”.

Ide ini muncul akibat keprihatinannya kpada pemrintah amerika yang menghambur-hamburkan 100 milyar dolar untuk mengatasi global warming yang menurutnya sia-sia.

Idenya adalah menembakan jutaan, miliaran, bahkan triliunan partikel pengurai sinar ultraviolet ke lapisan atmosfr bumi untuk mengurangi radiasi dan panas matahari terhadap bumi.

Teller mengatakan bahwa pokok permasalahan dari global warming itu terletak pada matahari itu sendiri, maka akan lebih mudah jika kita menangkalnya secara langsung dibaningkan hanya mengulang dampak yang terjadi.

2. Melingkari bumi dengan kaca pemantul sinar

Beberapa ilmuan mengusulkan sebuah strategi dalam menurunkan pemanasan global, yaitu dengan membuat sebuah cincin pemantul sinar matahari dan debu angkasa di orbit sekitar arah katulistiwa.

Harapannya, jumlah radiasi sinar yang mengenai bumi akan turun. Ide  gila ini tentunya membutuhkan biaya yang sangat mahal, dengan poteni sekitar triliunan dolar amerika.

3. Mengisi laut dengan matrial besi

Proses fotosintesis plankton memerlukan karbondioksida dari udara untuk membuat makanan. Ketika plankton mati, merka akan tenggelam ke dasar lautan bersama dengan karbon yang dihisapnya.

Sebab besi merangsang pertumbuhan plankton, beberapa ahli mengusulkan ide gila, yaitu memupuk lautan dengan material besi untuk menciptakan banyak plankton yang dapat menghisap karbondioksida.

4. Terus gerakan dan campurkan lautan

Ahli lingkungan dan pakar masa depan jams lovelock, pencipta hipotsa gaia, membuat skema yang lucu dalam mengatasi pemanasan global.

Idenya ialah menggerakan adn mencampurkan air laut menggunakan pipa, untuk menstimulasi brcampurnya lautan-lautan di dunia, sampai ke kedalaman.

Tujuannya untuk memberi makan kumpulan ganggang yang akan mengisap karbondioksida dari atmosfer.

5. Biarkan cacing berada di dapur

cacing berguna untuk menghancurkan sampah-sampah organik. Setelah terurai, sampah organik tersebut akan berubah menjadi kompos yang dapat dimanfaatkan untuk menyuburkan tanah.

6. Mengubur gas karbon

Beberapa ilmuan mengusulkan untuk menarik gas karbonioksia yang berlebih dan menyimpannya kesuatu tempat. Penyimpanannya bisa di bawah tanah, lapisan batu bara, atau ladang gas dan minyak yang sudah kosong.

Untuk melakukannya karbondioksida harus dipisahkan dari pabrik,dipadatkan, dan diinjksi di bawah tanah dengan harapan akan bertahan selama ribuan tahun.

7. Hidup dengan sampah

Seorang ahli teknik dari University of Leeds di Inggris telah membuat matrial bangunan dari bahan limbah (seperti kaca daur ulang dan abu bekas pembakaran).

Matrial ini di sebut bitublocks. Bitublocks ini dapat digunakan untuk membangun rumah. selain itu, dalam pembuatannya juga memakan energi lebih sedikit dibandingkan pembuatan batako.

Baca Juga: 7 Aplikasi Dating Populer, Jodoh Untuk Jomblo Bisa Nikah

Ide-ide gila di atas tentu hanya sebagian dari ide-ide gila yang pernah ada sebagai upaya dan cara mengatasi kerusakan lingkungan di bumi, dan munkin saja kita juga memiliki sebuah ide yang besar umtuk membantu memperbaiki kerusakan di bumi. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *