Cara Menanam Pepaya di Pot, Cocok di Teras Perumahan

  • Whatsapp
Cara menanam pepaya di pot
Ilustrasi Menanam Pohon Pepaya di Pot/Pixabay/KOHIM

LITERA NEWS – Ada banyak cara budidaya, terkhusus menanam pepaya, baik di dalam pot maupun yang pada umumnya di kebun yang dimiliki.

Pepaya di dalam pot adalah salah satu jenis budidaya yang bisa dilakukan oleh masyarakat yang tinggal di lingkungan perumahan. Bahkan menjadi tanaman hias dari jenis tanaman buah.

Bacaan Lainnya

Utamanya menanam pepaya di pot ini dilakukan karena halaman rumah yang sempit, namun ingin berkreasi dengan jenis tanaman yang dimiliki.

Pohon pepaya adalah salah satu jenis tanaman yang baik dan cocok untuk taman rumah di tempat tropis. Pohon pepaya untuk pekarangan rumah, tumbuh dengan mudah di daerah tropis maupun sub tropis.

Di India, sangat umum memiliki setidaknya satu pohon pepaya, di kebun rumah. Tempat mana pun, dengan sinar matahari cerah dan tanah berpasir yang dikeringkan dengan baik, sangat ideal untuk pertumbuhan tanaman yang tepat.

Di Indonesia, pohon pepaya juga sangat mudah kita temui. Tak hanya ditanam, bahkan ada banyak yang tumbuh liar, atau karena ketidaksengajaan membuang biji buah pepaya dari buah yang dikonsumsi.

Karakteristik Pohon Pepaya

Sebelum memahami tentang bagaimana cara menanam pohon pepaya di dalam pot, sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu karakteristik dari pohon pepaya ini.

Pohon-pohon tahunan yang memiliki batang berlubang dengan kayu lunak, berumur pendek. Biasanya, pohon itu tumbuh hingga ketinggian sekitar 25-30 kaki, di tempat yang cerah. Bahkan menjadi lebih tinggi di tempat yang teduh.

Akan tetapi ada juga varietas pepaya hibrida kerdil. Nah jenis varietas inilah yang bisa ditanam di dalam pot. Budidaya pepaya hibrida bisa menjadi pilihan untuk mempercantik perkarangan rumah.

Beberapa hal yang bisa diketahui adalah, pohon pepaya umumnya memiliki batang tunggal. Jika Anda ingin pohon pepaya bercabang, Anda bisa memangkas ujung batangnya dengan menggunakan pisau atau gunting yang tajam.

Tetapi cara memangkas atau menebang pucuk pepaya harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Sebab, tanaman cenderung lebih cepat membusuk. Menghindari musim hujan sama pentingnya, untuk memangkas pohon pepaya Anda.

Pastinya pepaya bisa ditanam sebagai pohon penghias, tak hanya sebagai tanaman buah utama yang ditanam di kebun.

Selanjutnya, pohon berbuah, dengan daun palem yang tersusun spiral, sangat menarik. Varietas tertentu, seperti pepaya emas dengan buah kuning, pasti bisa menambah warna pada taman yang Anda miliki.

Pohon pepaya umumnya ada tiga jenis, jantan, betina dan biseksual. Di antaranya, spesies biseksual menghasilkan banyak buah yang ukurannya juga lebih besar. Apalagi bisa memanfaatkan biji tanaman tersebut untuk perbanyakan.

Manfaat Buah Pepaya

Buah pepaya memiliki rasa yang enak. Selain enak, buah pepaya juga kaya akan nutrisi.

Buah pepaya dikonsumsi ada dua pilihan, secara masak atau matang untuk langsung dikonsumsi atau sebagai tambahan es dan jus, juga bisa digunakan sebagai bahan masakan untuk buah pepaya mentah.

Sementara, buah pepaya mentah berwarna-warni, banyak digunakan di toko roti, untuk keperluan dekoratif.

Tak hanya itu saja, manfaat buah pepaya dari sisi kesehatan juga berkhasiat sebagai obat. Buah pepaya merupakan obat yang efektif untuk mengatasi masalah cacingan pada anak-anak.

Jus yang dibuat dengan daun pepaya yang empuk digunakan untuk mengurangi gejala penyakit seperti demam berdarah. Jangan lupa, getah (getah) pepaya mentah dapat menyebabkan reaksi alergi pada sebagian orang.

Di atas segalanya, kombinasi berbeda dari daging buah, banyak digunakan untuk tujuan kosmetik. Jika dibandingkan dengan buah-buahan lainnya, buah yang enak dan bergizi ini jauh lebih murah.

Bagaimanapun lebih mudah, menanam beberapa pohon pepaya di kebun rumah kita. Karena berbatang tunggal, pohon pepaya hanya membutuhkan ruang yang minim.

Makanya, tentunya tidak perlu khawatir dengan ukuran taman kita, saat menanam pepaya. Berikut ini adalah tips sederhana, tentang cara menanam pohon pepaya di pekarangan rumah.

Cara Menanam Pohon Pepaya di Pot

Perbanyakan pohon pepaya untuk pekarangan rumah bisa dilakukan dengan cara menanam biji. Melalui perkecambahan bijinya, Anda bisa memperbanyak pohon pepaya.

Untuk ini, selalu ingat untuk menggunakan benih yang dikumpulkan dari buah matang yang matang. Ada banyak toko yang menjual beragam varietas bibit pohon pepaya. Dari jenis California, India seperti Red lady, Madhu bindu, Pusa giant dan lainnya.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan agar dalam menerapkan cara menanam pohon pepaya di pot bisa berjalan dengan baik.

Perkecambahan biji

Jika Anda mengumpulkan benih dari buah segar, simpanlah di tempat teduh selama beberapa hari agar kering.

Kemudian, lihat benih sedalam setengah inci dalam media yang disiapkan dengan mencampurkan pasir sungai, gambut kelapa dan tanah kebun.

Siram secukupnya, setiap hari. Benih mulai berkecambah, dalam jangka waktu dua hingga tiga minggu.

Ketika bibit mencapai ketinggian sekitar enam inci, Anda dapat mencangkok pepaya Anda.

Biasanya lebih baik menanam pepaya langsung di kebun. Batang lunak cenderung membusuk lebih cepat, dan karenanya selalu memilih lokasi dengan tanah yang dikeringkan dengan baik.

Anda bisa menyiapkan lubang dengan mengisinya dengan campuran tanah kebun, tepung tulang, kotoran sapi kering dan sabut kelapa. Setelah bibit ditanam, berikan naungan selama beberapa hari dan sirami secara teratur.

Biasanya pohon pepaya membutuhkan sinar matahari yang cerah. Dalam kurun waktu sekitar enam hingga delapan bulan, pohon pepaya Anda mulai mekar.

Budidaya Pepaya di dalam Pot

Cara menanam pohon pepaya untuk pekarangan rumah bisa dilakukan di dalam pot. Untuk penanaman pot, lebih baik memilih varietas hibrida kerdil.

Berikut beberapa tahapan yang bisa dilakukan, bauk alat pot dan bahan yang digunakan untuk menanam pepaya.

  • Tanah kebun 30%
  • Pasir sungai 20%
  • Kotoran sapi kering 20%
  • Coco gambut 20%
  • Campuran tepung tulang dan beberapa pupuk organik lainnya 10%

Ingatlah untuk menemukan tempat yang cerah untuk pepaya pot Anda, yang penting untuk mekar yang lebih baik. Balkon dengan sinar matahari selama beberapa jam sehari, dan taman teras sama-sama bagus.

Akan luar biasa, menyimpannya bersama dengan beberapa pohon bonsai seperti Ficus benjamina, Ficus microcarpa, pohon teh Fukien dll.

Memberi makan tanaman sesekali, dengan beberapa pupuk organik sangat penting untuk pertumbuhan yang sehat.

Cara Mengatasi / Pencegahan Penyakit Pepaya

Ketika menanam pohon pepaya, baik di pot maupun di kebun yang tak kalah penting adalah upaya pencegahan penyakit yang akan menyerang.

Salah satu masalah utama yang menimpa pohon pepaya, adalah busuknya batang dan buahnya. Terutama, di daerah tropis, ada lebih banyak peluang selama bulan-bulan monsun.

Juga ada kemungkinan serangan oleh jenis jamur tertentu. Menerapkan beberapa fungisida di area yang terkena adalah obat yang efektif, yang juga dapat mencegah penyebaran lebih lanjut.

Dengan memperhatikan poin-poin di atas, cobalah untuk menanam dan menikmati kesegaran buah pepaya dari halaman rumah Anda yang tak terlalu luas. Luar biasa bukan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *