Cara Memulai Bisnis Apotek, Ini Trik Slamet Riyadi Owner Setya Medika

  • Whatsapp
Cara Memulai Bisnis Apotek
Apotek Setya Medika/CollageMaker/iloveimg.com

LITERA NEWS – Slamet Riyadi adalah Owner Setya Medika, yang merupakan seorang pengusaha yang berasal dari pulau Madura, yang berhasil menjalankan bisnis apoteknya.

Sejak tahun 2013 sampai saat ini memiliki 5 cabang apotek di beberapa kota. Berawal dari modal kecil hingga mendapatkan keuntungan ratusan juta.

Bacaan Lainnya

“Saya memulai usaha apotek ini awalnya saat saya magang di sebuah apotek milik dosen saya, hingga akhirnya dosen saya mempercayai saya untuk menjadi apoteker nya di apotek,” kata dia menceritakan saat di temui di Kota Bangkalan.

“Saat saya lulus kuliah, saya mencoba untuk membuka bisnis sendiri dengan mencicil untuk membeli obat, kemudian saya menjual ke pelosok desa di daerah Sampang-Madura. Ditempat itu pertama kali nya apotek saya dibuka, dan sudah buka cabang di Bangkalan, dan beberapa kota lainnya,” lanjutnya.

Menurutnya untuk membangun sebuah usaha harus memiliki kemauan yang kuat dan tidak menyerah untuk mengembangkan sebuah usaha.

Ada beberapa cara untuk membuat apotek yang padat, jelas dan terpercaya. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

Cara Memulai Bisnis Apotek

Yang pertama adalah Apotek wajib memiliki seorang apoteker sebagai Penanggung Jawab Apotek

Yang kedua Mempunyai Surat Tanda Registrasi Apoteker dan Surat Ijin Praktek Apoteker yang masih aktif.  Surat ini di urus di Dinas Kesehatan Kabupaten Kota dan yang berhak juga untuk mengeluarkan surat izin praktek apotek ini.

Yang Ketiga Apoteker wajib mengurus SIA (Surat Ijin Apotek) yang dikeluarkan oleh Dinas Perijinan dan Penanaman Modal di Kabupaten Kota.

Adapun Syarat Untuk Membuat SIA (Surat Ijin Apotek) adalah sebagai berikut :

  1. Surat Ijin Kerja Apoteker
  2. Kartu Tanda Penduduk
  3. Foto Copy Denah Bangunan (Denah bangunan harus sudah ada, misal posisi etalase, kulkas, tempat untuk obat, dan lain-lain)
  4. Surat Pernyataan Status Hak Milik/Sewa/Kontrak
  5. Daftar Asisten Apoteker (tenaga farmasi)
  6. Foto/Salinan Daftar Terperinci Alat Apotek (Lemari Narkotika, Alat Pemadam Kebakaran, Kulkas, Etalase Penyimpanan Obat, dan sebagainya)
  7. Surat Pernyataan Apoteker (yang menyatakan tidak bekerja di perusahaan lain atau farmasi lain)
  8. Salinan dan Asli Surat Ijin Bagi Pemohon Pegawai Negeri (jika apoteker tersebut adalah pegawai negeri, wajib meminta surat ijin dari atasan sebagai penanggung jawab apotek, contoh: seorang apoteker yang bekerja di puskesmas, tapi ingin membuka apotek berarti wajib meminta ijin kepada kepala puskesmas tempat dia bekerja)
  9. Akta Perjanjian Kerja Sama Antara Apoteker Dan Pemilik Sarana Apoteker (berlaku jika apoteker tersebut bekerjasama dengan orang lain)
  10. Surat Pernyataan Pemilik Sarana Kefarmasian (Surat pernyataan tidak akan melanggar Undang-undang Kesehatan)
  11. Rekomendasi dari Ikatan Apoteker Indonesia
  12. SIUP
  13. Ijin Membuat Bangunan

Itulah cara membuka atau memulai bisnis usaha apotek yang cukup menjanjikan. Apotek tidak harus di miliki oleh seorang apoteker, semua bisa membuka apotek asalkan ada tenaga apoteker didalamnya. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *