Cara Memilih Bibit Kambing Peranakan Etawa (PE) Unggul

  • Whatsapp
Cara Memilih Kambing Peranakan Etawa (PE) Unggul
Kambing Peranakan Etawa / Flickr- kambing.online

LITERA NEWS – Bibit yang unggul akan menentukan kualitas anak kambing yang dihasilkan, untuk itu kita perlu mempelajari tentang bagaimana cara memilih bibit kambing peranakan etawa yang berkualitas baik, super dan unggul.

Kenapa demikian? Karena semakin baik binit yang dimiliki maka akan semakin besar kemungkinan untuk mendapatkan anakan dengan kualitas yang baik juga.

Bacaan Lainnya

Maka dari itu, dalam tata cara memilih bibit kambing Peranakan Etawa atau yang sering kita dengar dengan nama PE ini ada beberapa aspek yang harus diperhatikan, antara lain: Spesifikasi Umum, Spesifikasi Khusus, Spesifikasi Kualitatif, dan Spesifikasi Kuantitatif.

Keempat aspek di atas memberikan standar mutu bibit yang baik, dan harus terpenuhi apabila peternak ingin mendapatkan bibit unggul.

Dalam artian ini adalah bukan berarti dalam pembibitan kita bisa asal mengawinkan untuk bisa sekadar mendapatkan keturunan saja. Namun juga regenerasi yang baik, sehingga kualitas dari indukan tetap terjaga.

Cara Sederhana Memilih Bibit Kambing Peranakan Etawa / PE

Cara Memilih Kambing Peranakan Etawa (PE) Unggul
Kambing Peranakan Etawa / Flickr- kambing.online

Secara sederhana, kita bisa melihatnya dalam spesifikasi umum yang dimiliki kambing PE yang akan kita budidaya. Dalam budidaya kambing PER, spesifikasi umum yang harus kita pahami adalah sebagai berikut:

  1. Telinga panjang
  2. Memiliki kombinasi warna (kombinasi putih hitam, atau kombinasi putih cokelat).
  3. Bulu rewos/surai yang menggantung terkulai.

Tak hanya itu saja, kita sebagai peternak, atau sekali pembudidaya kambing juga bisa melihat spesifikasi khusus, dengan melihat kesehatan dan kualitas reproduksinya.

Ini penting, karena bibit kambing peranakan etawa yang unggul ciri ciri yang harus mantap diyakinkan adalah sisi kesehatannya, dan bagaimana kualitas reproduksinya. Jadi beberapa hal yang bisa dipahami adalah:

  1. Sehat dan bebas dari penyakit hewan menular, hal ini harus dinyatakan oleh pejabat berwenang.
  2. Ternak bibit bebas dari cacat secara fisik, dalam arti tidak ada kecacatan pada bagian tubuh secara fisik.
  3. Ternak bibit bebas dari cacat alat reproduksi, dalam arti tidak ada kecacatan pada alat reproduksinya.
  4. Untuk calon bibit jantan memiliki kondisi yang sehat, dengan bulu badan bagus, serta memiliki sifat agresif dan libido yang baik. Buah zakar turun ke bawah dengan panjang sejajajr dan letak simetris, serta memiliki penis yang panjang dan normal.
  5. Untuk calon bibit betina memiliki ambing susu berukuran sedang dan menyambung serta puting susu seperti peperti botol yang keduanya tergantung lurus, dan posisinya simetris.
  6. Silsilah keturunan ternak bibit tidak memiliki sejarah atau tidak mengalami cacat genetis.

Syarat Kualitatif dan Kuantitatif Bibit Kambing PE Unggul

Secara kualitatif ada beberapa hal yang harus dipahami, syarat utamanya adalah kualitas bibit dari segi fisik baik, seperti:

  1. Warna bulu pada kambing yang bagus terdiri dari kombinasi berupa putih-hitam, atau putih-coklat.
  2. Profil muka yang baik pada kambing berbentuk cembung.
  3. Tanduk untuk dapat dikategorikan baik pada calon bibit baik jantan atau betina harus berbentuk kecil dan melengkung ke belakang.
  4. Ekor calon bibit kambing yang baik harus memiliki ekor yang pendek.

Selain kualitatif, syarat kuantitatif memilih bibit kambing PE yang unggul juga harus diketahui. Syarat ini bisa diketahui dengan diukur dan ditentukan angkanya.

Beberapa hal penting yang juga harus diketahui bahwa, syarat kuantitatif ini meliputi usia, bobot badan, panjang badan, tinggi pundak, lingkar dada, panjang telinga, dan panjang bulu rewos/surai.

Syarat kuantitatif ini bersama dengan syarat kualitatif, paling banyak diaplikasikan untuk menentukan bibit kambing peranakan etawa yang baik di lapangan, karena dapat dilakukan oleh siapa saja.

Bahkan ini bisa dilihat juga dari umur dan bobot badan, termasuk dengan memastikan panjang badan dan tinggi pundak ideal untuk ukuran jenis kambingnya.

Tak lupa juga lingkar dada, panjang telinga, panjang bulu rewos pada kambing PE ini juga ada kriteria yang ideal. Pada artikel berikutnya akan kita bahas tentang berapa ukuran ideal pada penjelasan di atas.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Apotek, Ini Trik Slamet Riyadi Owner Setya Medika

Itulah beberapa informasi penting yang bisa kita ketahui tentang bagaimana cara memilih bibit kambing peranakan etawa unggul yang baik. Selamat mencoba dan memilih bibit unggul. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *