Cara Membuat Bonsai Buah Berbuah Lebat, Semudah Ini

  • Whatsapp
Cara Membuat Bonsai Buah
Ilustrasi Bonsai Buah/Flickr/Steven Severinghaus

LITERA NEWS – Ada banyak cara dan upaya dalam membuat bonsai buah bisa berbuah lebat dan cepat, atau setidaknya sesuai dengan usia tanaman untuk berbuah.

Untuk menumbuhkan pohon buah sebagai bonsai, modal utama yang harus dipelahari adalah tentang perawatan pohon buah bonsai tersebut.

Bacaan Lainnya

Pohon buah apapun itu, baik tentang cara membuat bonsai kelengkeng, maupun cara membuat bonsai tanaman liar yang didapatkan dari hutan.

Ini juga termasuk untuk bonsai buah mangga, bonsai buah jambu, baik jambu biji maupun jambu air, delima, kelapa, sampai pada upaya sekedar memperlihatkan akar pohon untuk menjadikan bonsai lebih cantik.

Semua memang ada diupaya perawatan. Membuat jenis bonsai apapun, jika perawatan tidak baik maka tidak akan berhasil.

Perlu diketahui, bahwa pohon bonsai bukanlah pohon kerdil genetik. Ini adalah pohon berukuran penuh yang dipertahankan dalam miniatur dengan pemangkasan.

Ide di balik seni kuno pada bonsai ini adalah untuk menjaga pepohonan sangat kecil tetapi mempertahankan bentuk aslinya.

Jika menurut Anda bonsai selalu berupa pohon kecil dengan bunga harum, Anda tidak sendirian. Namun, ini adalah kesalahpahaman. Anda juga dapat memilih dari berbagai macam pohon buah-buahan sebagai bonsai.

Apakah pohon bonsai menghasilkan buah? Ya mereka melakukanya, pohon bonsai dari buah akan tetap berbuah. Apakah buahnya akan lebat? Ya mereka juga akan melakukannya, pohon bonsai akan berbuah lebat.

Jika Anda memutuskan untuk mencoba menggunakan pohon buah-buahan sebagai bonsai, ingatlah bahwa pohon buah-buahan memerlukan lebih banyak perawatan daripada pohon buah-buahan ukuran penuh.

Cara terbaik yang memang perlu dilakukan adalah dengan mempelajari semua tips terkait menanam bonsai, dan informasi tentang pohon terbaik untuk dijadikan bonsai. Termasuk bagaimana upaya atau cara membuat pohon bonsai.

Cara Mudah Membuat dan Merawat Bonsai Buah Bagi Pemula

Cara Membuat Bonsai Buah
Ilustrasi Bonsai Buah/Flickr/Steven Severinghaus

Ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam membuat dan merawat bonsai buah, termasuk seorang pemula bisa melakukan hal tersebut. Termasuk ilmu dasar bonsai yang bisa diterapkan.

Banyak pohon buah yang bisa dijadikan bonsai, dari pohon apel, jambu, buah jambu biji, kelapa, delima, mangga, jeruk, pisang, dan jenis buah lainnya.

Hal yang bisa dilakukan adalah dengan menanam pohon bonsai dalam wadah dengan ruang akar yang baik dan nutrisi yang cukup untuk tanaman bisa tumbuh subur.

Perlu diketahui juga, memilih wadah untuk pohon bonsai membutuhkan pita pengukur. Ukur diameter batang pohon dengan tanah. Seperti itulah seharusnya wadah yang harus digunakan.

Selanjutnya, bisa ukur tinggi pohonnya. Wadah yang digunakan setidaknya harus selebar sepertiga dari tinggi pohon. Pastikan wadah terbuat dari kayu yang belum diolah dan memiliki lubang drainase yang cukup.

Baca Juga: 7 Gaya Dasar Bonsai yang Buat Penghobi Jatuh Hati

Isi setengahnya dengan campuran setengah pot tanah dan setengah kompos gambut. Cara lainnya, campur pasir, potongan kulit kayu, dan tanah liat taman dan aduk rata.

Tahapan yang perlu diperhatikan juga adalah, sebelum menanam bonsai, potong sepertiga dari bola akarnya dengan gergaji dan pangkas semua cabang yang rusak.

Kemudian selipkan sisa akarnya ke dalam tanah dalam wadah baru, tambahkan lebih banyak tanah dan lapisan dekoratif kerikil. Perawatan pohon bonsai berikut adalah beberapa tips untuk menanamnya.

Tahapan selanjutnya, Anda perlu menyiram pohon Anda dua kali setiap hari, pagi dan sore. Tempatkan wadah di jendela yang terkena sinar matahari langsung.

Jangan meletakkannya di dekat peralatan penghasil panas. Sebaiknya Anda membeli peralatan bonsai untuk membantu membentuk pohon Anda. Singkirkan anggota tubuh yang menonjol dengan gunting.

Untuk melatih anggota badan ke arah tertentu, bungkus potongan-potongan kecil kawat tembaga di sekelilingnya. Untuk cabang yang rapuh, letakkan karet atau busa di antara kawat dan dahan.

Silakan berekspresi ciptakan gaya bonsai yang diinginkan, untuk lebih menarik.

Tips Memilih Pohon Buah untuk Bonsai

Dalam menanam pohon bonsai yang harus dipikirkan adalah pohon buah apa yang bisa dimakan, termasuk dari sisi keindahan untuk penghias halaman. Menjadi warna yang cerah sehingga cantik tampil dihalaman.

Banyak perkarangan yang memiliki pohon bonsai ceri untuk menjadi penghias. Ceri yang selalu hijau dan merah, memiliki warna yang cukup cerah sebagai penghias lingkungan rumah.

Bonsai pohon jeruk juga bisa menjadi pilihan, dengan kecerahan warna kuning jeruk semakin mempercantik dan menggoda untuk bisa dinikmati, jambu air yang merah mereka juga bisa menjadi pilihan yang baik. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *