Cara Budidaya Tanaman Kaktus Tulang Ikan Untuk Pemula

  • Whatsapp
Cara Budidaya Tanaman Kaktus Tulang Ikan
Budidaya Kaktus Tulang Ikan (fishbone cactus)/Flickr/TanMyThan

LITERA NEWS РCara budidaya tanaman kaktus tulang ikan atau dikenal dengan istilah asing fishbone cactus termasuk tanaman hias yang sangat mudah dibudidayakan untuk para pemula.

Bahkan dalam budidaya kaktus untuk pemula dibidang tanaman hias ini sangat cocok, karena tidak memerlukan biaya yang mahal.

Bacaan Lainnya

Diketahui, tanaman ini berasal dari meksiko pertama kali diperkenalkan di Inggirs tahun 1846.

Tanaman ini memiliki banyak nama. Kaktus tulang ikan kerap disebut dengan nama seperti epiphyllum angulinger, kaktus anggrek zigzag, kaktus bulan, dan lain-lain.

Kaktus jenis ini disebut kaktus tulang ikan karena bentuk daunnya yang pipih panjang dan berair serta bergerigi atau bergelombang menyerupai tulang ikan.

Cocok digunakan sebagai tanaman hias yang digantung atau ditaruh di atas meja dengan penyangga agar daun tidak patah dikarenakan daun kaktus tulang ikan akan semakin jatuh ke bawah ketika mulai tumbuh tegak.

Anda dapat menaruhnya di kamar, ruang keluarga, ruang belajar dengan suhu ruangan yang normal tapi lebih cocok lagi jika ditaruh di kamar mandi atau dapur karena tempat-tempat tersebut memiliki kondisi kelembaban yang baik.

Anda dapat memperoleh tanaman cantik yang satu ini di market place favorit Anda dengan kisaran harga tanaman kaktus tulang ikan ini mulai dari Rp20.000.

Namun untuk kaktus tulang ikan dengan kualitas super bisa mencapai harga jutaan rupiah.

Untuk lebih detailnya, Litera News melansir dari berbagai sumber mengenai proses perawatan dan budidaya kaktus tulang ikan ini. Simak selengkapnya sebagai berikut:

Cara Mudah Budidaya Tanaman Kaktus Tulang Ikan

Diketahui trend tanaman hias di 2021 tanaman kaktus tulang ikan akan mendominasi, dan bahkan viral untuk menjadi tanaman penghias rumah yang banyak diburu pecinta bunga atau kembang.

Tentu dengan kecantikannya, dan prediksi akan viral apa salahnya melakukan budidaya kaktus tulang ikan ini mulai dari sekarang.

Apalagi cara budidaya yang bisa dilakukan dalam menanam tanaman kaktus tulang ikan ini cukup mudah untuk dilakukan para pemula dibidang tanaman hias.

Intinya, yang perlu dilakukan adalah beberapa cara berikut ini:

1. Pengaturan Cahaya

Pengaturan cahaya pada kaktus tulang ikan ini sangat penting untuk diatur, tanaman ini tidak dapat ditaruh di tempat yang terkena paparan cahaya matahari secara langsung.

Hal ini yang perlu dipahami adalah, kecuali, ketika bulan september hingga november yang merupakan musim panas hingga musim gugur.

Tempat yang terang tapi cahaya tidak jatuh secara langsung pada tubuh kaktus tulang ikan ini lebih baik, sebab seperti tumbuhan kaktus pada umumnya kaktus tulang ikan juga lebih baik bekerja dengan kondisi kering.

Pemberian cahaya penting dilakukan saat bulan tersebut meski tidak terlalu intens, guna mempercepat tumbuhnya bunga yang mekar pada malam hari dan hanya bertahan satu hari saja jika Anda beruntung.

Bunga yang dihasilkan berwarna putih krem dengan kelopak berwarna kuning atau orange dan memiliki bau yang sangat wangi.

Kaktus sebaiknya ditaruh di tempat yang terang tapi cahaya tidak jatuh secara langsung pada tubuh kaktus tulang ikan ini akan jauh lebih baik.

Kenapa demikian, sebab seperti tumbuhan kaktus pada umumnya kaktus tulang ikan juga akan bertumbuh dengan baik pada kondisi kering.

2. Cara Penyiraman

Tidak seperti kaktus biasanya yang berasal dari gurun yang panas, kaktus tulang ikan ini berasal hutan hujan yang lembab, itu sebabnya Anda harus memerhatikan cara penyiraman pada tumbuhan hias yang satu ini.

Pada musim panas atau bulan juni sampai september lakukan penyiraman air secara teratur meski ada beberapa waktu Anda dapat membiarkan kaktus mengering di antara proses penyiraman.

Sedangkan jika memasuki musim penghujan siram kaktus lebih jarang, tidak seintens saat musim panas karena kondisi pastinya akan lebih lembab.

Sederhananya, penyiraman kaktus tulang ikan ini cukup mudah selagi Anda dapat mempertahankan kelembaban tanaman ini. Jangan biarkan kaktus kekeringan dan jangan sampai menyiramnya terlalu basah.

3. Proses Perawatan Akar

Akar kaktus tulang ikan ini tumbuh tidak seperti tanaman pada umumnya. Akar tumbuh di atas tanah atau disebut juga akar udara.

Meski memang bukan hal aneh bagi tumbuhan yang hidup menumpang pada tumbuhan lain atau disebut tumbuhan epifit seperti kaktus tulang ikan ini.

Kaktus tulang ikan menjadi tanaman inang atau parasit dengan menggunakan akar sebagai pengait agar kaktus bisa menempel pada tubuh tanaman lain.

Selain itu juga akar yang berada di atas tanah disebabkan karena akar menyerap nutrisi dan kelembaban udara.

Untuk kaktus tulang ikan yang menjadi tanaman hias, akar juga berguna sebagai pengingat bahwa ia mungkin kekurangan nutri dan kelembaban sehingga Anda perlu menyiramnya dengan air.

4. Cara Membudidayakannya

Jika beberapa sisi batang kaktus tulang ini terasa mengganggu tampilan cantiknya Anda dapat memangkasnya secara perlahan.

Hasil dari potongan-potongan itu juga jangan Anda buang begitu saja, potongan tersebut berguna untuk menumbuhkan kaktus tulang ikan yang baru.

Namun untuk hasil tanaman baru yang bisa tumbuh lebih baik, Anda bisa membuat kaktus tulang ikan baru pada bulan maret sampai agustus dengan memangkas batang yang masih muda.

Ketika potongan batang ditanam Anda tidak perlu menyiramnya hingga akar tanaman tumbuh, jika Anda menyiramnya terlebih dahulu kemungkinan tanaman akan mati karena membusuk.

Saat merawatnya gunakan sarung tangan karena kaktus memiliki duri atau bulu-bulu halus yang dapat menempel atau bahkan melukai telapak tangan Anda.

5. Media Tanam

Untuk media tanam kaktus tulang ikan ini Anda dapat menggunakan pot yang kuat untuk menyangga tanaman kaktus tulang ikan yang lumayan berat apalagi jika tetap Anda biarkan tumbuh sesuka hati.

Media tanam yang bisa ditambahkan selain tanah adalah pupuk atau kompos serta lumut gambus. Anda dapat memberikannya dua minggu sekali.

Tanaman kaktus tulang ikan ini tumbuh dengan sangat cepat, bisa sampai 1-2 meter. Anda dapat memangkasnya jika merasa tanaman tumbuh terlalu panjang.

Baca Juga: Bonsai Bunga Asoka dan Cara Mudah Membuatnya

Itu dia, cara budidaya tanaman kaktus tulang ikan atau fishbone cactus yang sangat mudah dilakukan oleh Anda para pecinta tanaman.

Selamat mencoba merawat tanaman kaktus tulang ikan dan semoga Anda beruntung dapat melihat langkanya bunga kaktus tulang ikan yang mekar. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *