Calathea Velvet, Tanaman Beludru Hutan Populer di 2021

  • Whatsapp
Calathea Velvet
Ilustrasi Calathea Velvet/Flickr/hopefulauthor

LITERA NEWS – Calathea velvet yang termasuk dalam jenis beludru hutan ini menjadi salah satu tanaman hias yang diperkirakan menjadi paling populer di tahun 2021.

Tanaman yang dapat tumbuh dengan cepat hingga satu meter ini mulai banyak digemari. Sebab, selain tampilanya yang cantik dengan daun lebar dan berpola rumit, juga karena memiliki harga yang cukup miring.

Bacaan Lainnya

Di  salah satu market place harga Calathea Velvet, tanaman yang berasal dari Amerika Tengah ini hanya mencapai angka Rp10 ribu saja.

Namun ada juga yang membandrolnya hingga ratusan bahkan jutaan rupiah. Hal ini mungkin disesuaikan dengan kualitas tanaman calathea velvet itu sendiri ya.

Nama lain dari calathea velvet ini adalah the fuzy feather dan termasuk tanaman marantaceae yang sebagian besar tanamannya tidak berbatang atau tertutup dalam tanah serta dapat berbunga, untuk calathea velvet sendiri bunga yang dihasilkan berwana kuning.

Permasalahan Hidup Calathea Velvet

Meski tanaman ini dinilai cepat bertumbuh dan mudah dirawat, ada beberapa kendala dan permasalahan hidup yang kerap dialami tanaman calathea velvet ini.

Permasalahan yang sering mengganggu tumbuh kembang tanaman hias ini salah satunya yaitu laba-laba merah, hal ini ditandai dengan bagian bawah daun yang menguning. Anda dapat menggunakan air  untuk membersihkannya.

Selain itu, biasanya daun calathea velvet dapat rusak disebabkan debu yang tidak Anda sadari.

Untuk itu, anda perlu cek secara rutin tanaman Anda, tentu akan terdapat debu yang entah datang dari mana saja menempel. Bersihkan daun dengan kain basah atau tisu untuk menghilangkan debu tersebut secara perlahan.

Untuk penyakit sendiri, biasanya aman. Hanya saja, hal-hal yang menghambat calathea velvet bertumbuh biasanya karena kekurangan nabati dalam tanah, tidak tepatnya pengaturan cahaya, suhu, lokasi, air, media tanam dan lain-lain.

Agar Anda dapat merawat calathea velvet Anda dengan baik, simak penjabaran berikut yang Litera News lansir dari berbagai sumber

1. Kondisi Cahaya

Meski tidak dapat terkena paparan cahaya secara langsung seperti beberapa jenis tanaman hias yang lain, tanaman calathea velvet ini memiliki sedikit perbedaan.

Seperti tidak boleh disimpan di dekat jendela, dan lebih direkomendasikan di tempat yang teduh tapi kondisi cahaya terang.

Pemberian cahaya matahari terlalu banyak akan membuat warna daun calathea velvet ini memudar bahkan kering dan rontok.

2. Suhu

Ketika musim hujan atau musim dingin, tanaman bisa bertahan tapi tidak di bawah 15° C, namun pada hari-hari normal Anda dapat menyimpannya pada suhu 18°-23 C

Jika tanaman ini kekurangan kelembaban, biasanya akan tampak pada tepi daun yang berubah warna menjadi coklat. Cara mengatasinya tentu dengan menaikkan kelembaban disekitar tanaman tersebut.

Anda dapat membeli pelembab udara otomatis atau sesekali simpan tanaman pada kamar mandi untuk mendapatkan kembali kelembaban alaminya.

Jika Anda menaruhnya di dalam ruangan, Anda harus memastikan dengan benar ventilasi udara apakah memadai atau tidak untuk menghasilkan kelembaban yang baik untuk calathea velvet ini.

3 Lokasi

Lokasi yang tepat untuk tanaman beludru hutan ini tentu di tempat yang teduh dan lembab, seperti kamar mandi atau dapur.

Dua tempat ini memang tidak dapat diragukan lagi tingkat kelembabannya. Untuk menciptakan kelembaban alami,

Anda juga dapat menyejajarkan seluruh tanaman hias Anda dalam satu tempat. Hal ini akan menjadi pemicu yang sehat.

Namun jika Anda tetap ingin menaruh calathea velvet Anda sebagai dekorasi, hal ini tentu tidak masalah. Sesekali bawa calathea velvet Anda pada tempat-tempat lembab tersebut untuk mengembalikan energinya kembali.

4. Penyiraman Air

Selama proses pertumbuhan siram calathea velvet dua hari sekali, sebab calathea velvet menyukai tanah yang lembab tapi tetap pastikan bahwa air tidak meluber dan menggenang.

Hal ini dikareanakan jika air merendam tanaman ini, maka akar akan membusuk dan dampak paling parahnya adalah tanaman Anda akan mati.

Jadi coba Anda amati teknik penyiraman Anda. Jika tidak sesuai dengan aturan, maka perbaiki teknik Anda untuk keselamatan tanaman hias Anda yang satu ini.

Untuk tanaman calathea velvet ini, tingkat keasaman air juga perlu diperhatikan agar tumbuh kembangnya berjalan dengan baik. Anda dapat menggunakan air dengan pH netral atau sekitar 7.

5. Pemangkasan

Pemangkasan yang tepat adalah saat daun telah menguning dan daun gugur dengan sendirinya, tapi jika Anda merasa bentuk tanaman tidak menarik Anda bisa segera memangkasnya kapanpun Anda mau.

Laukan secaar perlahan saat pemangkasan, potong batang daun dengan lembut agar hasil pangkasan Anda rapi dan cantik. Untuk hasil yang tepat, waktu pemangkasan sebenarnya idealnya dilakukan saat sebelum masuk musim panas.

6. Media Tanam

Lingkungan yang ideal untuk pertumbuhan tanaman ini adalah daun kering, pasir dan tanah disertai serat. Atau Anda bisa membeli ke toko tanaman tanah khusus tanaman calathea.

Untuk musim panas pemberian pupuk harus rutin setiap dua minggu, gunakan pupuk cair dengan campuran nitrogen yang tinggi, bisa juga ditambahkan pakan nabati seperti misalnya yang mudah Anda dapatkan adalah pelet.

Untuk tanaman calatea velvet ini pot yang tepat adalah pot dengan sistem drainase yang baik, agar aliran air dalam pot berjalan lancar dan tidak tertahan dalam pot.

7. Repotting

Repotting merupakan pergantian media tanaman setelah tanaman berumur satu hingga dua tahun. Untuk calathea velvet ini repotting sendiri dilakukan dua tahun sekali saja.

Serta waktu yang paling tepat adalah akhir musim penghujan, sebelum tanaman ini masuk pada fase pertembuhan menjelang musim panas.

Untuk lebih detailnya, berikut langkah-langkah proses repotting. Simak selengkapnya:

  1. Anda harus menyiapkan pot dengan ukuran yang lebih besar dari pot sebelumnya. Hal ini dikarenakan calathea velvet cepat bertumbuh, sehingga membutuhkan ruang yang lebih luas untuk bernapas. Pilih pot dengna ukuran 20% lebih besar.
  2. Langkah selanjutnya Anda bisa memulai dengan mengeluarkan tanaman dari pot lamanya. Tarik perlahan agar akar pohon tidak rusak. Anda bisa menggunakan alat bantu seperti golok, untuk menggali tanaman yang telah menyatu dengan tanah.
  3. Selepas Anda berhasil mencabut calathea velvet, Anda bisa memasukkannya pada pot baru yang setengah isinya berisi media tanam yaitu campuran tanah, pasir dan daun kering yang telah diaduk dengan air tapi tidak menggenang hanya membuat kondisi media tanam lembab.
  4. Sebelum Anda memindahkan, pastikan dulu akar telah bersih lalu masukan calathea velvet pada rumah barunya. Setengah ruang pot yang masih kosong bisa Anda isi dengan media tanam pada pot yang lama.
  5. Terakhir, tambahkan air dan pupuk. Biarkan air sedikit mengalir dan keluar dari drainase pot agar tumbuhan menjadi bersih.
  6. Selesai, Anda bisa memamerkan kembali kecantikan calathea velvet di rumah atau di kantor Anda!

Budidaya Tanaman Beludru Hutan

Budidaya tanaman calathea velvet cenderung sedikit rumit, hal ini disebabkan karena Anda tidak dapat menggunakan benih tetapi harus memotong bagian tubuh calathea dengan hati-hati.

Peralatan yang perlu Anda siapkan untuk memperbanyak tanaman ini yaitu kantong plastik, pisau, wadah dan media tanam seperti campuran tanah.

Tepat ditanam dimusim panas, berikut langkah-langkahnya:

  1. Keluarkan tanaman calathea dari pot secara perlahan
  2. Bersihkan tanah yang menempel pada akarnya, Anda harus lebih berhati-hati lagi jangan sampai akarnya rusak dan pohon menjadi mati
  3. Pisahkan tanaman calathea yang biasanya menumpuk dan berdempetan
  4. Anda dapat langsung memotong batang tanaman calathea velvet tanpa akarnya
  5. Tanam kembali batang hasil potongan tersebut dalam pot
  6. Tempatkan pada tanah yang lembab seperti habitat sebelumnya
  7. Berikan kantong plastik disekeliling pot untuk menjaga kelembaban tanaman
  8. Setelah itu, simpan anakan calathea pada tempat yang gelap dan lembab
  9. Tunggu beberapa waktu hingga akarnya tumbuh dan Anda dapat kembali merawatnya seperti biasa

Itulah calathea velvet, tanaman hias yang cantik dan menenangkan saat dilihat dan memiliki khasiat. Ya, tanaman ini juga dapat berguna sebagai pembersih udara dalam ruangan Anda juga lho!

Wah, keren sekali ya. Bagaimana, apakah Anda akan segera mengoleksinya agar udara di rumah atau kantor Anda semakin sehat untuk dihirup. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *