Bonsai Putri Malu dan Berbagai Khasiatnya

  • Whatsapp
Bonsai Putri Malu
Ilustrasi Gambar Bonsai Putri Malu/Instagram/@adventure_masbro85

LITERA NEWS – Siapa sangka bahwa tanaman putri malu yang kerap tumbuh di tepi jalan ini selain memiliki berbagai khasiat juga dapat dibuat menjadi bonsai yang tak kalah cantik dengan tanaman lain lho!

Tanaman yang menguncup saat disentuh, ditiup atau terkena panas ini memiliki nama latin mimosa pudica. Putri malu merupakan tanaman perdu pendek yang termasuk suku polong-polongan dan memiliki banyak nama di berbagai negara, seperti  makahiya, mori vivi, nidikumba, mate loi dan lain-lain.

Bacaan Lainnya

Meskipun bukan jenis bonsai buah, putri malu memiliki bunga yang cantik. Bentuknya bulat seperti bola berwarna pink keunguan, daunnya berukuran kecil tapi tertata rapi. Reaksi menguncup yang sering dilakukan putri malu disebut dengan seismonasti, yang merupakan cara melindungi diri dari musuh.

Sebab ketika putri malu menguncup, daunnya berubah menjadi pucat sehingga biasanya musuh tidak tertarik untuk mendekat.

Meski putri malu yang berasal dari Amerika Selatan tepatnya di Brasil ini merupakan tanaman liar, tapi sekarang putri malu sudah banyak dijual dipasaran lho. Di beberapa market place, tanaman ini dibandrol dengan harga Rp. 25. 000- Rp. 50.000 perkilo gramnya.

Putri Malu Kaya Akan Manfaat

Putri malu selain dapat dijadikan menjadi bonsai juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti untuk menyembuhkan batuk apalagi disertai dahak, mengobati hepatitis, mengatasi insomnia, melancarkan saluran kemih, menambah keperkasaan atau stamina laki-laki dewasa, mengatasi diabetes, menjaga kesehatan gigi dan gusi, mengobati demam dan masih banyak lagi.

Cara mengonsuminya cukup dengan meminum air rebusan daun putri malu selama 1o sampai 15 menit. Selain itu, akar putri malu juga berguna untuk menyembuhkan luka karna kandungan fenolnya.

Selain bermanfaat untuk kesehatan, putri malu juga digunakan sebagai salah satu bahan pewarna tekstil alami menggunakan pelarut organik. Hal ini telah ditelaah melalui penelitian yang diadakan mahasiswa UPN Jogjakarta pada tahun 2012.

Cara Membuat Bonsai Putri Malu

Mungkin pertanyaan yang muncul di benak Anda para pecinta bonsai ketika hendak membuat bonsai dari tanaman putri malu adalah berkenaan dengan batang putri malu yang sangat tipis. Jika dilihat sangat tidak mungkin putri malu dapat dibuat menjadi bonsai.

Mengingat batang bonsai biasanya tidak setipis batang putri malu. Namun diera yang dimana perkembangan kreativitas tak terkecuali pecinta bonsai semakin tinggi bukan hal sulit untuk membuat putri malu dengan batangnya yang setipis itu.

Untuk lebih jelas, Anda dapat menyimak langkah-langkah membuat bonsai putri malu sebagai berikut:

1. Siapkan Tanaman Putri Malu

Untuk membuat bonsai putri malu, tidak seperti bonsai pada umumnya yang hanya menggunakan satu pohon saja. Pada bonsai putri malu ini Anda membutuhkan banyak tanaman putri malu.

2. Satukan Seluruh Tanaman Putri Malu

Inilah tipsnya agar batang putri malu menjadi besar seperti pohon bonsai pada umumnya. Anda harus menyatukan tanaman-tanaman putri malu sesuai dengan ukuran batang yang Anda inginkan.

Menyatukan semua batangnya tentu mudah saja, selagi Anda mengerjakannya dengan hati!

3. Proses Pengawatan

Jika sudah disatukan, Anda bisa melanjutkan pada proses pengawatan. Keahlian dan ketelatenan pengawatan untuk bonsai gaya apapun merupakan hal yang sangat penting mengingat ini merupakan ilmu dasar bonsai.

Selain membantu proses pembentukan, pengawatan dalam membuat bonsai putri malu berguna agar antar batang menjadi satu. Ingat, bentuk secara perlahan sesuai keinginan Anda. Jangan sampai membuat batang pohon patah ya!

4. Masukan dalam Pot

Setelah proses pengawatan selesai, Anda dapat melanjutkan pemindahan bonsai pada pot. Gunakan media tanaman berupa pasir dan campur dengan sedikit tanah ini sudah cukup ampuh, serta jika putri malu sudah hidup Anda baru dapat memberikan pupuk.

5. Rapikan Daun Bonsai

Proses selanjutnya adalah merapikan daun putri malu, Anda dapat menyesuaikannya dengan ukuran bonsai yang Anda buat. Gunakan gunting secara perlahan agar Anda tidak salah memotong cabang. Jika daun-daun bonsai sudah rapi, Anda dapat melanjutkan pada tahap selanjutanya!

6. Tunggu Bonsai Putri Malu Anda Hidup

Tanpa membungkus bonsai dan mengikat rapat bawah tanamannya, bonsai putri malu mudah untuk hidup kembali. Ketika mulai menunjukkan tanda-tanda kehidupan, sebagian besar daun bonsai akan gugur atau rontok dan sebagian lainnya akan tetap menempel dan kembali segar setelah 2 minggu.

Agar batang semakin kokoh dan menjadi lebih rapat Anda dapat membalut putri malu yang telah hidup dengan tanah liat.

7. Selesai

Jika bonsai putri malu Anda telah hidup, Anda hanya perlu melanjutkan perawatannya. Jangan lupa tetap memberikan pupuk dan merawat bonsai dengan penuh cinta agar bonsai putri malu Anda tumbuh dengan baik!

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *