Bonsai Pepaya Dalam Pot, Ini Cara yang Bisa Anda Lakukan

  • Whatsapp
Bonsai Pepaya di Pot
Ilustrasi Bonsai Pepaya di Pot/Pixabay/gulzer

LITERA NEWS – Bonsai adalah salah satu jenis metode  atau cara membuat tanaman hias menjadi lebih memiliki nilai, lalu bagaimana dengan pepaya, apakah hanya butuh menanam dalam pot?

Bonsai pepaya dalam pot menjadi salah satu pilihan yang bisa dilakukan oleh siapapun yang memilki luasan lahan terbatas dalam menanam.

Bacaan Lainnya

Bonsai pepaya bukan hanya sekadar untuk dinikmati hasil buahnya saja, tetapi juga bisa jadi cara mempercantik halaman perkarangan rumah yang minimalis.

Apakah bonsai pepaya ini caranya cukup pada cara menanam pepaya di pot saja? Tidak ada metode lain dalam pembuatan bonsai yang harus dilakukan?

Tentu ini menjadi yang sangat menarik untuk kita simak secara bersama-sama. Karena memang tanaman pohon pepaya merupakan tanaman yang kerap ditemui di halaman-halaman rumah yang cukup memiliki luasan tanah.

Bahkan secara budidaya dan bisnis, tanaman yang berasal dari Meksiko dan Amerika Selatan bagian utara ini kerap ditanam secara banyak untuk dihasilkan buahnya dan dijual sebagai buah pepaya yang telah masak.

Sebelum mengenal bagaimana upaya menjadikan pohon pepaya sebagai bonsai, diketahui pepaya adalah pohon jarang bercabang kecil. Pohon ini biasanya memiliki satu batang tumbuh 5 – 10 meter.

Bentuknya spiral dan diatur dengan daun yang terbatas pada puncak batangnya, dimana batang bawahnya terlihat bekas luka, daun dan buahnya ikut terbawa.

Lebar daun pepaya bercirikan ukurannya 50-70 cm atau 20-28 inchi untuk diamternya. Buahnya cukup besar, rata-rata dengan panjang 15-45 cm dengan rasa buah yang matang sangat lunak dan manis.

Cara Budidaya Bonsai Pepaya di dalam Pot

Ada tiga jenis kelamin tanaman pepaya yang tumbuh di sekitar kita, jantan, betina dan hermafrodit. Pohon pepaya jantan menghasilkan serbuk sari, tidak akan pernah berbuah.

Lalu, pohon pepaya betina menghasilkan buah-buahan kecil yang tidak bisa dimakan kecuali diserbuki. Ketiga, pohon pepaya Hermafrodit.

Jenis kelamin hermafrodit pada pohon pepaya ini yang bisa melakukan penyerbukannya sendiri. Hal ini dikarenakan, bunganya mengandung benang sari jantan dan ovarium betina.

Hampir semua kebun pepaya komersial yang ada hanya akan menggunakan bibit tanaman yang mengandung hermafrodit.

Di luar sebagai upaya menjadikannya tanaman bonsai, pohon pepaya memiliki budidaya pertumbuhan yang cepat. Pohon ini akan berbuah dalam kurun waktu 3 tahun.

Dalam upaya bonsai pepaya, salah satu metode yang bisa digunakan adalah dengan menanam di dalam pot. Tentunya dengan upaya merubah bentuk tanaman yang tadinya memiliki ukuran besar, menjadi ukuran mini.

Harapannya tak sekadar mini. Bonsai pepaya yang ditanam tentu diinginkan memiliki buah yang lebat, dari batang pohon yang pendek.

Lalu apa yang harus dilakukan sebagai upaya cara membuat bonsai pepaya? Pada intinya adalah pada tahap pemangkasan, sebagai teknik bonsai yang barus dikuasai di pohon pepaya ini.

Teknik Pemangkasan Bonsai Pepaya

Bagi Anda yang telah mencoba untuk memanam bonsai di dalam pot, dan ketika pohon pepaya telah tumbuh, silakan bisa melakukan beberapa metode yang bisa dilakukan, seperti pemangkasan.

Pemangkasan pada bonsai pepaya ini tidak hanya untuk peremajaan tumbuhan saja. Melainkan juga untuk mempertinggi produktivitas.

Teknik pemangkasan bonsai pepaya tidak sulit. Anda hanya perlu menguasai bagaimana melakukan pemangkasan di waktu yang tepat.

Sehingga, yang harus dipahami adalah, pepaya yang dipelihara dengan tujuan bonsai, sejak awal pembibitan, bibit ditanam rapat berjarak 1,5 x 1,5 meter setelah mulai berbunga kurang lebih umur 4-5 bulan sejak tanam.

Perlu diingat, cari tanaman yang berbunga, pada satu bunga ada putik, serta memiliki benang sari. Pembuangan tanaman jantan dan betina dilakukan sembari mengatur baris tumbuhan hingga berjarak 3 x 3 meter.

Baca Juga: Bonsai Putri Malu dan Berbagai Khasiatnya

Pada fase setelah ini yang perlu dilakukan adalah memastikan batang pepaya memiliki tenaga yang cukup dan tumbuhnya sehat. Untuk batang pepaya bertenaga dan tumbuh sehat yang kemudian dipangkas setinggi 1 meter.

Bekas pemangkasan ini perlu ditutup kantong plastik agar tidak membusuk. Setelah ini tanaman harus diberikan pupuk. Bisa menggunakan pupuk kandang.

Jumlah pupuk kandang yang bisa diberikan adalah 10 kg per pohon, NPK 15-15-15 sebanyak 50 gram per pohon, dan dilakukan penyiraman tanaman ketika tidak ada hujan.

Setelah fase pemangkasan, pemberian air memang perlu diperhatikan. Tujuan penyiraman atau pemberian air pada tanaman ini tujuannya adalah sebagai upaya penyerapan unsur hara mendorong keluarnya tunas-tunas baru.

Karena pada dasarnya, pemangkasan bonsai pepaya yang dilakukan pada ujung batang ini untuk mencegah penguasaan tumbuh memanjang ke atas.

Pada waktu kurang lebih 2-4 minggu pasca pemangkasan, tunas-tunas baru akan mulai tumbuh di bawah bekas pemangkasan. Tunas-tunas yang ada umumnya 2-4 tunas.

Baca Juga: 11 Manfaat Merawat Tanaman Bagi Kesehatan Mental

Jika ini terjadi, biarkan tumbuh tunas mengembang maksimal 3 tunas yang sehat dan tidak terlalu kedap. Cara tersebutlah yang menjadikan tanaman bonsai pepaya di pot yang anda gunakan menjadi pendek, bercabang, dan berbunga sempurna.

Ketika tunas samping telah tumbuh, tutup kantong plastik yang dilakukan pada pertama kali pemangkasan harus segera dibuka. Ini dilakukan agar pertumbuhan tunas samping tidak terganggu.

Dari sisi perawatan bonsai pepaya yang perlu dilakukan tahapan selanjutnya adalah rutin melakukan pemupukan. Pupuk NPK bisa dilakukan setiap 3 bulan dan dengan penyiraman yang relatif diperhatikan, utamanya ketika tidak ada hujan.

Setelah bonsai pepaya berbuah, pupuk NPK diberikan 15-15-15 sebesar 50-100 gram per pohon, serta hanya diberikan 2 kali dalam setahun. Ini dilakukan sebagai catatan pupuk diberikan menjelang animo hujan, serta menjelang ekspresi dominan kering.

Ketika sudah panen raya, buah lebat dan matang sudah diunduh, ini akan terjadi penurunan produktivitas tanaman. Jika ini terjadi, pangkas cabang-cabang tanaman dengan memotong 50 cm di atas dasar cabang dan diperlakukan seperti di pemangkasan pertama.

Itulah yang bisa dilakukan dalam cara menanam bonsai pepaya di pot dan teknik perawatan yang bisa dilakukan. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *