Bonsai Bunga Asoka dan Cara Mudah Membuatnya

  • Whatsapp
Bonsai Bunga Asoka
Bonsai Bunga Asoka/Instagram/@Ultrasbonsai

LITERA NEWS – Pohon asoka yang bunga cantiknya bermekaran menjelang musim hujan ini ternyata menjadi salah satu style terbaik untuk dibuat menjadi bonsai atau dikerdilkan oleh para pecinta bonsai.

Selain memiliki bunga yang cantik, asoka juga memiliki harum yang wangi pada bulan mei dan april dan digunakan untuk obat diare, penambah napsu makan, mengatasi kram, mengobati luka memar serta bisa menjadi obat pelancar menstruasi dengan mengolah bunga asoka dan meminum airnya.

Bacaan Lainnya

Pohon yang memiliki nama latin saraca indica ini berasal dari tanah Jawa, hanya saja pohon asoka memang banyak tumbuh di negara-negara asia dengan warna merah, kuning dan jingga.

Ada dua jenis pohon asoka yang dikenal di Indonesia. Pertama  polyalthia longifolia, sesuai namanya pohon asoka yang satu ini ditandai dengan tubuh menjulang tapi tidak memiliki ranting dan yang kedua yaitu polyalthia sp yang tumbuh dengan daun runcing dan memiliki ranting.

Dalam dunia bonsai, Pohon Asoka memiliki ciri bonsai gaya natural yang kecantikan warna bunga dan kekarnya batang menjadi ciri khas dan daya tarik para pecinta bonsai,

Cara Mudah Mendapatkan Pohon Asoka

Jika Anda tertarik menaman pohon asoka, Anda cukup melakukan cangkok atau bisa juga melalui penyemaian bijinya secara langsung.

Menanam pohon yang satu ini relatif mudah, apalagi asoka merupakan pohon yang tidak perlu rutin diberi pupuk. Cukup tiga bulan sekali selagi Anda menanamnya tepat di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung.

Atau jika Anda tidak sempat untuk menamamnya atau ingin membuat bonsai bunga asoka secara praktis, Anda dapat membeli pohon-pohon asoka pada pedagang tanaman.

Anda akan tercengang jika tahu harganya, sebab ada harga pohon asoka yang ditarif di bawah Rp10.000.

Wah, murah sekali ya! Anda juga dapat mendapatkannya di market place favorit Anda. Atau, jika Anda ingin mendapat pohon asoka secara cuma-cuma, Anda mungkin dapat mencarinya di hutan atau kebun Anda atau dapat juga meminta pada tetangga Anda yang barangkali memiliki pohon asoka.

Mendapatkan pohon asoka ini tidak sulit ya, hal ini sama dengan proses pembuatan bonsainya. Anda dapat membuat bonsai bunga asoka dengan mudah, simak selengkapnya sebagai berikut:

Cara Mudah Membuat Bonsai Bunga Asoka

Bonsai Bunga Asoka
Bonsai Bunga Asoka/Instagram/@Ultrasbonsai

Sebelum Anda memulai bonsai bunga asoka, Anda harus mengetahui bahwa bonsai asoka memiliki tiga jenis ukuran yaitu mikro, sedang dan makro.

Selain terdapat perbedaan pada batang, daun juga memiliki perbedaannya. Untuk itu, Anda dapat menggunakan pot yang sesuai dengan tiga ukuran bonsai bunga asoka tersebut.

Lalu tentukan gaya dasar bonsai yang ingin dibentuk. Tentunya mudah jika sudah mengetahui ilmu dasar bonsai untuk memulai tahapan pembuatan bonsai.

Berikut Litera News kutip dari berbagai sumber informasi yang bisa Anda lakukan untuk membuat bonsai bunga Asoka dengan sangat mudah.

1. Pindahkan Asoka Dalam Pot

Cara yang pertama, jika Anda sudah mendapatkan pohon asoka. Anda dapat memindahkannya ke dalam pot. Untuk pot Anda dapat menggunakan dengan bentuk apapun sesuai dengan yang Anda inginkan, namun jika Anda bosan dengan pot yang berbentuk bulat Anda juga dapat menggunakan pot dengan bentuk persegi panjang yang banyak tersedia dipasaran.

2. Pemasangan Kawat

Jika telah memindahkan bonsai pada pot, setelah itu Anda dapat mulai merapikan bonsai dengan membuang hal-hal yang mengganggu. Setelah ini Anda dapat langsung memasang kawat.

Untuk pembuatan bonsai menggunakan gaya apapun, pengawatan tentu menjadi salah satu poin penting. Hal ini sangat berguna untuk menentukan arah dan gaya bentuk bonsai tersebut. Proses pengawatan mesti dilakukan secara perlahan, agar ranting pada cabang-cabang bonsai tidak rusak dan patah.

3. Merapikan Ranting

Selain itu, proses penting lainya adalah perantingan. Dimana Anda harus rutin menggunting ranting-ranting mati selain untuk merapikan bonsai agar tetap cantik hal ini juga berguna agar tumbuh tunas-tunas baru.

4. Menambahkan media tanam

Jika proses pengawatan serta perantingan telah selesai Anda dapat mulai menimbun bonsai bunga asoka ini.

Media yang digunakan bisa tanah yang dicampur dengan pasir dan pupuk kandang, dengan perbandingan takarannya disamaratakan sesuai kebutuhan.

Namun jika Anda menanam bonsai bunga asoka ini pada pot yang dangkal dan harus mengurangi akarnya, disarankan Anda menambahkan lumut, serpihan batu bata, tanah humbus atau dapat juga pasir malang.

Hal ini dikarenakan agar ketika bonsai terkena air hujan maka akar tetap kuat dan tidak berantakan.

Serta untuk meminimalisir kerusakan ini juga, setelah pemindahan pot bonsai bisa ditaruh di dalam ruangan terlebih dulu untuk beberapa waktu, dan Anda dapat menyiramnya secara manual sampai media tanam benar-benar kokoh saat terkena air hujan.

5. Selesai dan Tunggu Asoka Anda Berbunga

Proses terakhir Anda dapat menambahkan dan langsung meratakan media tanam hingga tertata rapi dalam pot, untuk membuat batang semakin besar Anda juga harus rutin memangkas ranting-ranting pohon yang mati dan mengganggu estetika bonsai bunga asoka ini.

Jangan sampai lupa juga untuk rutin memberikan media tanam seperti tanah, pasir dan pupuk dikarenakan semakin lama biasanya media akan semakin turun. Perawatan yang baik tentu juga akan mempercepat bunga bonsai asoka untuk menampakkan keindahannya ya!

Nah, itulah cara membuat bonsai bunga asoka. Mudah bukan? Cara pembuatannya tidak jauh berbeda dengan jenis bonsai lainnya. Untuk Anda pecinta bonsai, Anda tentu bisa mencobanya sekarang juga! ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *