8 Jenis Olahraga Saat Puasa Ramadhan

  • Whatsapp

8 Jenis Olahraga Saat Puasa Ramadhan

Litera News – Olahraga adalah salah satu cara untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Namun saat puasa Ramadhan tiba, terkadang kerap muncul kendala untuk melakukannya. Karena saat berpuasa tubuh tidak tersuplai dengan makanan dan minuman, yang merupakan sumber tenaga untuk beraktivitas. Tetapi sebenarnya masih ada olahraga ringan yang tetap bisa dilakukan, meski kita sedang berpuasa, seperti 8 jenis olahraga saat puasa Ramadhan berikut ini. 

Bacaan Lainnya

8 Jenis Olahraga Ketika Sedang Puasa Ramadhan

  • Jogging 

Selama berpuasa sebaiknya tubuh tidak dipaksakan untuk melakukan jenis olahraga yang berat. Nah, salah satu pilihan olahraga yang ringan untuk dilakukan selama menjalankan ibadah di bulan Ramadhan adalah jogging. 

Melakukan kegiatan jogging dengan teratur akan membantu menjaga kesehatan serta kebugaran tubuh. Anda bisa melakukannya setiap pagi setelah sholat subuh atau di waktu sore hari saat menjelang waktu berbuka. 

Bagi Anda yang mudah lelah, mungkin bisa melakukan jogging saat pagi hari. Karena di waktu ini tubuh masih dalam kondisi banyak energi. Cukup lakukan jogging setidaknya selama 20-30 menit setiap harinya. Dengan rutin melakukannya, tentu kondisi kesehatan dan kebugaran tubuh akan tetap terjaga dengan baik. Jangan lupa untuk tidak berlebihan saat jogging, agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. 

 

  • Jalan santai

Olahraga yang satu ini juga sangat baik dilakukan selama menjalankan ibadah puasa. Selain menjaga kesehatan tubuh, jalan santai juga dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan Jantung dan otot. 

Anda bisa manfaatkan area atau jalanan di kompleks perumahan untuk melakukannya. Berjalan di atas kerikil-kerikil kecil saat pagi hari juga bisa menjadi pilihan. Kegiatan ini juga dapat membantu Anda memperlancar aliran darah di dalam tubuh. 

 

  • Yoga

Dilansir dari laman halodoc, disebutkan bahwa yoga adalah olahraga ringan. Karena tidak terlalu menguras banyak energi. Sebagaimana yang kita ketahui, yoga adalah olahraga yang befokus pada teknik pengaturan pernapasan. Sehingga ia mampu menyeimbangkan kadar oksigen yang masuk ke dalam tubuh. 

Tak hanya itu, olahraga ini juga mampu memperbaiki postur tubuh. Dengan melakukan yoga selama menjalani puasa Ramadahan di rumah, maka tubuh akan lebih sehat dan rileks. 

 

  • Bersepeda

Pastinya Anda sudah tahu manfaaat baik dari bersepeda, bukan? Apalagi saat musim pandemi, dimana banyak orang yang mulai tertarik untuk bersepeda. Nah, kegiatan mengayuh roda dua ini juga sangat baik dilakukan ketika sedang menjalankan ibadah puasa. 

Bersepeda dapat membakar kalori, menjaga kesehatan jantung, mengencangkan otot, dan pastinya membuat tubuh lebih sehat dan bugar. Lakukan setidaknya kegiatan ini selama 30-45 menit di pagi atau sore hari. 

 

  • Berenang

Renang adalah jenis olahraga ringan yang juga dapat Anda lakukan untuk memenuhi hak kebugaran tubuh. Anda bisa melakukan olahraga ini sambil mengisi waktu menunggu waktu berbuka puasa tiba. Tapi ingat, Anda juga harus berhati-hati saat berenang. Jangan sampai air masuk ke dalam mulut yang bisa saja nanti akan membatalkan ibadah puasa. 

 

  • Menaiki dan Menuruni Anak Tangga

Jika di rumah Anda ada anak tangga, maka Anda pun bisa memanfaatkannya untuk melakukan olahraga saat puasa Ramadhan. Namun jika tidak ada, Anda masih bisa memanfaatkan anak tangga yang ada di tempat-tempat di sekitar Anda. Misalnya anak tangga yang berada di pusat perbelanjaan. Nah, Anda bisa meatih gerakan fisik dengan anak tangga saat pergi berbelanja kebutuhan untuk berbuka. 

Naik dan turun anak tangga mungkin memang tampak sepele. Tetapi kegiatan fisik yang ringan ini mampu membantu Anda membuang sekitar 178 kalori di dalam tubuh. 

 

  • Latihan Angkat Beban

Mungkin Anda akan sedikit ragu melakukan olahraga angkat beban ini. apalagi dalam keadaan sedang berpuasa. Karena Anda berpikir bahwa angkat beban adalah sebuah kegiatan latihan fisik yang agak berat dan melelahkan. 

Meskipun olahraga ini terkesan berat, tapi Anda tetap bisa melakukannya di bulan puasa Ramdahan. Caranya adalah dengan memilih beban yang ringan. Sehingga energi Anda pun tidak akan banyak terkuras saat melakukannya. 

Agar tidak terlalu lelah, angkatlah beban tersebut perlahan dengan gerakan halus.  Dengan gerakan ini Anda juga dapat meminimalisir hal yang mungkin saja terjadi saat angkat beban, misalnya mengalami kram otot. 

 

  • Bowling 

Pilihan olahraga terakhir yang bisa Anda lakukan selama menjalani aktivitas puasa di bulan Ramadhan adalah bowling. Olahraga ini tidak hanya ringan, tetapi juga sangat menyenangkan. Karena kegiatan ini memang lebih cenderung ke permainan. 

Anda bisa melakukan olahraga bowling di saat sore hari sambil menunggu waktu berbuka puasa tiba. Dengan bowling Anda dapat tetap menjaga kebugaran tubuh. Tak hanya itu, bowling ini juga dapat membantu Anda lebih rileks, memperkuat otot bagian tangan, serta melatih gerak keseimbangan tubuh. 

8 jenis olahraga tersebut dapat Anda lakukan selama menjalani ibadah puasa. Dan jangan lupa, untuk tetap bersemangat dan terus berpikiran positif. Agar rasa malas pun enggan menghampiri. Jadi tidak ada lagi alasan untuk tidak melakukan olahraga saat puasa Ramadhan. Karena puasa bukan halangan untuk berolahraga dan menjaga kesehatan serta kebugaran tubuh. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *