7 Ide Jualan Online yang Ramai Pembeli

  • Whatsapp
Ilustrasi Ide Jualan Online/Pixabay/Mediamodifier
Ilustrasi Ide Jualan Online/Pixabay/Mediamodifier

LITERA NEWS – Jualan online merupakan salah satu ide dan pilihan yang mudah dilakukan apabila Anda ingin mendapat penghasilan.

Berbekal smartphone dan modal yang bisa diminimalisir, jualan online dapat menjadi peluang usaha yang minim modal tapi untung jutaan.

Bacaan Lainnya

Dengan melakukan jual beli secara online, Anda dapat berjualan tanpa harus mempunyai toko atau ruko yang harganya cukup mahal.

Jumlah pelaku jualan online dari tahun ke tahun semakin meningkat. Tak hanya dilakukan oleh mereka yang sudah memasuki usia kerja, jualan online juga seringkali dilakukan oleh pelajar ataupun mahasiswa.

Sebelum memutuskan untuk berjualan online, tentunya Anda harus memilih produk atau barang apa yang akan Anda jual.

Hal ini nantinya akan berkaitan dengan bagaimana Anda mendapatkan produk, menentukan target pasar, memilih platform jualan, dan merancang teknik penjualan kepada konsumen.

Apabila Anda belum menemukan ide jualan online yang pas, berikut ini Litera sampaikan tujuh ide jualan online yang mudah dilakukan dan ramai pembeli.

7 Ide Sederhana Jualan Online

1. Fashion Wanita

Pernahkah Anda melihat seorang wanita yang sudah memiliki banyak baju namun selalu berkata “Aku nggak punya baju” ? Atau justru Anda sendiri juga begitu?

Kebutuhan dan perkembangan fashion wanita tidak pernah ada habisnya. Anda dapat memanfaatkan keadaan ini sebagai ide jualan online. Tak hanya baju atau pakaian, Anda juga dapat menjual dompet, sepatu, celana, bandana, sandal, dll.

2. Skincare – Make Up

Mengingat jumlah populasi wanita lebih banyak dibandingkan laki-laki, ide jualan skincare – make up secara online dapat menjadi pilihan yang pas.

Meskipun juga dapat ditemui laki-laki yang menggunakan skincare, namun wanita tetap menduduki peringkat pertama sebagai peminat terbanyak dalam dunia skincare – make up.

Skincare – Make up merupakan barang yang bisa habis. Para pengguna skincare – make up akan melakukan pembelian ulang apabila barang miliknya sudah habis.

Anda dapat menjadi penyedia kebutuhan mereka mulai dari facial wash, toner, serum, facemask, lipstick, mascara, dll.

3. Dekorasi Rumah Aesthetic

Saat ini, desain minimalis yang dinilai aesthetic sangat digandrungi oleh masyarakat, khususnya anak muda. Desain sederhana dengan estetika yang tinggi ini banyak dicari karena tampilannya yang terlihat berkelas.

Banyak sekali macam-macam dekorasi rumah yang dapat Anda jual seperti jam dinding, hiasan dinding, cermin, gorden, figura, dll. Anda dapat memilih produk mana yang unik dan banyak dicari.

4. Food and Beverage

“Lapar nih, makan yuk!” atau “Wah enak tuh, beli yuk!” atau “Banyak sekali yang beli makanan itu, cobain yuk!”. Tentu kalimat tersebut sudah tidak asing lagi di telinga Anda.

Makanan dan minuman merupakan salah satu kebutuhan pokok yang dapat memicu perilaku konsumtif masyarakat.

Disisi lain, food and beverage adalah barang yang perputaran penjualannya bisa dibilang cepat karena sifatnya yang cepat habis.

Ketika pelanggan suka terhadap makanan atau minuman tertentu, mereka akan cenderung membeli lagi, lagi, dan lagi.

Banyak sekali jenis makanan dan minuman yang dapat Anda tawarkan mulai dari yang sifatnya harian seperti masakan rumah, makanan ringan, kopi, the dll. hingga yang sifatnya momentum seperti kue kering dan sirup yang penjualannya akan meningkat ketika lebaran.

5. Perlengkapan New Normal

Pandemi COVID-19  yang terjadi di Indonesia sejak Maret 2020 mengubah beberapa pola hidup masyarakat. Yang awalnya memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak adalah hal yang jarang dilakukan, kini hal tersebut merupakan kewajiban.

Pola hidup seperti itu ini akan menjadi kebiasaan pada tahun-tahun yang akan datang. Kondisi tersebut dapat menjadi peluang usaha bagi orang yang dapat memanfaatkannya dengan tepat.

Ide jualan perlengkapan new normal dapat berupa masker custom, hand sanitizer, face shield, dll. Anda dapat menyediakan model produk yang unik dan kreatif agar dapat bersaing dengan kompetitor.

6. Karya Seni Handmade

Bagi Anda yang memiliki kemampuan lebih di bidang seni, hal ini dapat menjadi peluang tersendiri untuk memulai usaha.

Selain tidak mudah ditemukan di tempat lain, karya seni yang Anda buat sendiri juga akan memiliki ciri khas atau value sehingga cukup mudah untuk bersaing di pasaran.

Beberapa contoh karya seni handmade diantaranya tas rajut, taplak rajut, bandana, kalung, hasil edit foto, sketsa gambar, dll. Karena tingkat kesulitannya cukup tinggi, Anda dapat menjualnya dengan harga tinggi.

8. Peralatan Makan

Selama ada makanan, maka selama itu pula ada peralatan makan. Pada umumnya, barang ini banyak diburu oleh kaum wanita, khususnya ibu-ibu.

Ada beberapa faktor yang dipertimbangkan dalam memilih peralatan makan seperti fungsi, model, ukuran, warna, bahan, dll.

Anda dapat memanfaatkan faktor-faktor tersebut untuk menganalisa produk peralatan makan seperti apa yang sebenarnya banyak dicari.

Peralatan makan yang dapat Anda pilih ini banyak jenisnya seperti kotak makan, botol, piring, sendok, mangkok, dll.

Itulah tujuh contoh ide jualan online yang ramai pembeli. Dalam menjual beberapa contoh produk tersebut, Anda dapat mencari supplier yang merupakan first hand agar keuntungan yang Anda dapat bisa semakin besar.

Jika Anda tidak memiliki banyak modal untuk belanja grosir, Anda dapat memulai jualan online dengan sistem reseller atau dropship.

Kedua sistem ini juga sangat cocok untuk pemula yang ingin belajar jualan online, khususnya bagi pelajar dan mahasiswa. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *