5 Cara Mudah Menemukan Bakat Terpendam Dalam Diri Anda

  • Whatsapp
Car Mudah Menemukan Bakat Terpendam
Ilustrasi Bakat/Pexels/@PokRie

LITERA NEWS – Mungkin tidak mudah bagi Anda untuk menemukan bakat terpendam dalam diri Anda, apalagi Anda sendiri dibuat bingung apakah bakat diciptakan atau memang telah Anda bawa sejak lahir.

Menurut teori tabularasa yang dikemukakan oleh John Locke, setiap manusia terlahir seperti kertas kosong. Artinya, manusia lahir tanpa membawa apapun termasuk bakat.

Bacaan Lainnya

Menurut teori ini, seseorang bertumbuh sesuai dengan lingkungannya. Pola asuh orang tua, tentu sangat berpengaruh dalam hal ini, baik dari segi kepribadian, kesehatan mental maupun pengembangan bakat seorang anak.

Jadi, semua hal yang seorang anak terima selama fase pertumbuhannya akan berpengaruh banyak ketika ia dewasa. Sama seperti yang dikemukakan oleh freud, bahwa masa kecil adalah ayah bagi kehidupan seseorang.

Sedangkan dilansir dari laman Kamus Besar Bahasa Indonesia, bakat merupakan dasar kepandaian, sifat dan pembawaan yang dibawa sejak lahir.

Mengenai dua definisi yang berbeda tentang bakat, ini tentu bukanlah hal yang terpenting untuk difokuskan.

Urgensi Menemukan Bakat Anda

Hal paling penting dari bakat itu sendiri bukan dari mana sumbernya tapi bagaimana cara Anda mengembangkannya, agar bakat Anda tidak sia-sia.

Terkadang yang menjadi kendala lain juga adalah Anda sendiri mungkin tidak tahu bakat apakah yang Anda miliki dalam diri Anda.

Baca Juga: Cerita Pendek Tentang Anak Rantau: Merantau ke Bulan

Sehingga jangankan untuk mengembangkan, melakukan bidang yang sesuai dengan bakat Anda saja Anda kesulitan karena memang tidak mengetahuinya.

Padahal ketika Anda mengetahui bakat Anda, Anda tentu akan lebih terarah, dapat belajar secara maksimal, dan membuat rencana-rencana yang sejalan dengan bakat Anda untuk meraih kesukesan dimasa depan, dan Anda juga dapat memiliki peluang yang lebih besar untuk mencapainya.

Untuk menemukan bakat Anda, Anda mungkin tidak tahu harus melakukan apa. Namun Anda tidak perlu khawatir dan pusing memikirkan hal ini. Dilansir dari laman mikemichalowicz, berikut 5 cara mudah mengetahui bakat terpendam yang Anda miliki:

1. Minta Pendapat Pada Orang Lain

Anda mungkin tidak mengetahui bakat Anda sendiri, tapi barangkali orang lain apalagi teman-teman terdekat dan keluarga Anda dapat mengetahuinya.

Jadi tanyakan pada mereka, mereka tentu dapat memberikan pendapat berdasarkan apa yang mereka amati pada diri Anda selama ini.

Meminta pendapat mengenai diri Anda sendiri tidak akan menjatuhkan Anda, Anda justru dapat mengenali diri Anda lebih dalam lagi.

Jadi, segera minta pendapat mereka dan dengarkan dengan baik!

2. Hal Apa yang Mudah Anda Lakukan?

Ini saatnya untuk Anda merefleksi diri Anda, coba Anda ingat-ingat pekerjaan atau bidang apakah yang saat mengerjakannya terasa mudah dan Anda tidak merasa kesulitan sama sekali.

Kadang, hal mudah yang Anda dapat kerjakan dengan baik tidak selalu mudah untuk orang lain. Oleh karena itu, jika Anda mengetahuinya barangkali itu adalah bakat terpendam Anda yang tidak pernah Anda sadari.

Baca Juga: Contoh Cerpen Sedih Tentang Kehidupan: Menjemput Rindu

3. Hal Apa yang Membuat Anda Bahagia Saat Melakukannya?

Jika ada hal yang ketika Anda kerjakan tanpa dibayar dan Anda dapat mengerjakannya dengan sepenuh hati, serta memicu perasaan bahagia di hati Anda barangkali itulah bakat terpendam Anda.

Coba Anda ingat-ingat, hal apa yang Anda kerjakan saat Anda ingin menghilangkan rasa bosan Anda, hal apa yang selalu mengisi waktu luang Anda untuk mengalihkan diri, temukan jawabannya dan Anda akan mengetahui bakat terpendam yang Anda miliki.

4. Mata Pelajaran Apa yang Anda Sukai?

Jika Anda sangat menyukai suatu pelajaran, misalnya sejarah dengan setiap deretan peristiwa dan angka-angka pada tahun yang bisa dengan mudah Anda jabarkan.pelajaran matematika yang menurut orang lain rumit tapi membuat Anda betah berlama-lama berkutik dengan buku dan pena.

Inilah dia, Anda menemukan bakat terpendam Anda!

Mata pelajaran bisa menjadi salah satu indikasi bakat terpendam yang Anda miliki, melalui mata pelajaran yang Anda sukai Anda juga dapat memilih keahlian yang sejalan dengan mata pelajaran tersebut.

Untuk penentuan program studi saat Anda ingin melanjutkan perguruan tinggi, mata pelajaran yang Anda minati bisa menjadi salah satu opsi.

Baca Juga:6 Kunci Utama Dalam Sebuah Hubungan: Sehat atau Tidak?

5. Buat Catatan Pendapat

Jika pada poin pertama Anda hanya dapat bertanya pada satu dua orang terdekat, pada poin terakhir ini barangkali Anda dapat mengumpulkan poin-poin pendapat dari banyak orang, misalnya seluruh teman satu kelas Anda yang kerap berinteraksi dengan Anda.

Barangkali, Anda juga dapat meminta guru bimbingan konseling Anda untuk mengadakan games minat bakat yang dihasilkan dari penilaian masing-masing kepala di ruang kelas Anda.

Buat sebuah kertas atas  nama setiap individu, putarkan kertas tersebut beriring lagu dan ketika lagu selesai Anda dan teman sekelas Anda dapat saling mengisi pendapat mereka mengenai nama yang tertera pada kertas tersebut.

Agar lebih menyenangkan, pemberi pendapat boleh mengosongkan namanya atau anonim. Sehingga, Anda dan teman-teman Anda dapat mengetahui bakat dan bagaimana Anda di mata mereka.

Dari kumpulan pendapat tersebut, Anda tentu dapat menarik satu kesimpulan bakat apakah yang sebenarnya Anda miliki. Cara yang seru ya untuk mengetahui bakat Anda, Anda dapat mencoba mengajukannya pada guru dan rekan sekelas Anda!

Itulah dia 5 cara mudah mengetahui bakat terpendam yang Anda miliki, semoga membantu Anda dan Anda dapat segera mengoptimalkan bakat Anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *