13 Manfaat Berhenti Menggunakan Sosial Media, Anda Bisa Mencobanya!

  • Whatsapp
Manfaat Berhenti Menggunakan Sosial Media
Ilustrasi Gambar Manfaat Berhenti Menggunakan Sosial Media/Pexels/Pixabay

LITERA NEWS – Berhenti menggunakan sosial media tentu bukan hal yang mudah  bagi seseorang, banyak manfaat serta hal yang menyenangkan meski tidak sedikit juga dampak negatif yang dihasilkan.

Menggunakan sosial media membuat seseorang tidak merasa sendiri dan kesepian tapi dilain sisi membuat seseorang terisolasi dari dunia nyata.

Bacaan Lainnya

Selain itu, sosial media juga merupakan ruang untuk seseorang mengekspresikan diri. Meski, jika terlalu berlebihan dapat diindikasikan orang tersebut mengalami gangguan perilaku narsistik.

Jika Anda terbiasa menggunakan sosial media, mungkin hal yang sulit membayangkan hidup tanpa aktivitas yang satu ini.

Namun untuk beberapa situasi seseorang tentu harus membatasi diri dari sosial media, dan jika Anda  siap mendulang banyak manfaat dan mengambil resiko untuk berhenti maka Anda dapat melakukannya.

Manfaat Berhenti Menggunakan Sosial Media

Untuk memotivasi niat Anda, mungkin Anda dapat menyimak 13 manfaat berhenti menggunakan sosial media yang Litera News lansir dalam laman the health.

Simak selengkapnya, sebagai berikut:

1. Lebih Banyak Pekerjaan yang Dapat Anda Selesaikan dengan Cepat

Jika Anda mengira menjadi multi tasking membantu pekerjaan Anda dapat selesai semua dalam satu waktu, Anda salah. Multi tasking justru membuat pekerjaan Anda akan selesai lebih lama, seperti diiringi dengan membuka sosial media.

Hal ini selaras dengan yang dikemukakan oleh American Psychological Association bahwa bolak-balik membuka sosial media dan project yang sedang Anda kerjakan akan mengurangi waktu produktif Anda sebanyak 40%.

Dengan berhenti menggunakan sosial media, Anda dapat fokus. Tidak memikirkan postingan teman-teman dunia maya Anda yang sedang berlibur di pantai, merayakan kenaikan jabatan, atau sedang nongkrong santai di kedai kopi.

2. Ide Kreatif Anda Akan Mengalir

Menurut seorang penyanyi, jika Anda mengalami hambatan ketika memikirkan ide kreatif solusinya adalah Anda harus beristirahat.

Beristirahat tidak hanya dengan tidur di kasur, membaringkan badan. Anda mungkin kerap salah dalam melakukan istirahat Anda sehingga tidak pernah benar-benar bugar setelah melakukannya.

Istirahat yang benar, meski tidak tidur adalah dengan tidak diimbangi dengan aktivitas lain seperti bermain sosial media.

Disadari atau tidak, bermain sosial media dapat membuat fisik Anda lelah meski Anda dalam keadaan berbaring. Mata Anda sakit, tangan Anda kebas dan yang paling penting adalah pikiran Anda lebih banyak berpikir.

Membebaskan diri dari notifikasi sosial media, akan membuat Anda beristirahat dengan nyaman. Anda akan merasakan badan Anda lebih bugar dan ide-ide kreatif mengalir deras di pikiran Anda.

3. Anda Akan Terbiasa Tidak Menggantungkan Diri

Meskipun meninggalkan sosial media memiliki banyak manfaat jangka panjang, tapi ini tentu tidak dapat dirasakan secara instan.

Pada awalnya, apalagi bagi Anda yang telah kecanduan sosial media kemungkinan akan merasakan kecemasan. Hal ini dikarenakan perasaan terhubung yang harus dipaksa terputus.

Menurut David Greenfield, PhD seorang pengguna sosial media yang telah kecanduan memiliki tingkat dopamin atau kepuasan yang tinggi sebab terbiasa mendapatkan apa yang mereka cari di sosial media.

Ketika seseorang memutuskan berhenti, maka terjadi penarikan pada dopamin tersebut. Namun Anda tidak perlu khawatir karena biasanya kecemasan ini tidak akan bertahan lama.

Jadi, Anda harus bersabar menikmati prosesnya ya untuk dampak positif yang akan Anda rasakan setelah berhenti menggunakan sosial media sepenuhnya!

4. Anda Menjadi Tidak Mudah Stres

Peningkatan teknologi yang pesat sehingga sosial media dapat diakses di manapun dan kapanpun, sehingga tentu mudah saja bagi Anda untuk memantau timeline sosial media Anda.

Menurut Greenfield keinginan untuk terus memantau sosial media membuat peningkatan hormon kortisol, yang merupakan pemicu stres.

Stres tentu memiliki dampak buruk pada kehidupan Anda, seperti berkurangnya ketajaman memori dan peningkatan kemungkinan depresi.

Berhenti menggunakan sosial media tentu membuat hormon kortisol Anda tidak mengalami peningkatan, sehingga Anda dapat terhindar dari stres.

Jadi, apakah Anda semakin yakin untuk berhenti menggunakan sosial media?

5. Anda Akan Merasa Lebih Percaya Diri

Penggunaan sosial media akan memicu banyak dampak yang tidak Anda sadari, seperti kerap membandingkan diri dengan orang lain.

Ketika Anda kerap memantau sosial media yang hanya menampilkan hal-hal menyenangkan melalui postingan yang orang lain unggah, kemungkinan akan membuat seseorang merasa tertinggal atas pencapaian orang lain.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Steers mengenai para pengguna facebook, hasilnya menunjukkan bahwa tingkat perbandingan diri mereka lebih tinggi daripada orang-orang yang tidak menggunakan facebook.

Berhenti menggunakan sosial media tentu akan mengurangi intensitas perbandingan diri, sehingga Anda dapat menerima diri Anda sepenuhnya.

6. Anda Akan Mendapatkan Kualitas Tidur Lebih Baik

Sebelum tidur Anda mungkin kerap menjelajah sosial media, berselancar kesana-kemari melihat postingan following Anda.

Memberi like, membagikan postingan dan saling berkomentar tanpa terasa Anda menghabiskan waktu berjam-jam dan membuat jam tidur Anda meleset jauh.

Bayangkan jika setiap malam Anda menghabiskan waktu satu sampai dua jam membuka sosial media sebelum tidur, ini tentu mengurangi waktu istirahat Anda.

Berhenti menggunakan sosial media akan berguna bagi kesehatan Anda melalui peningkatkan kualitas tidur. Anda dapat terlelap tepat waktu dan tidak memikirkan hal-hal yang tidak penting yang Anda lihat di sosial media Anda.

Untuk mengganti aktivitas ini, Anda dapat membaca buku, evaluasi diri, atau membuat agenda untuk esok hari yang tentu tidak akan menghabiskan waktu Anda.

Selamat mencoba, dan dapatkan kualitas tidur yang lebih baik!

7. Anda Akan Memperkuat Hubungan di Dunia Nyata Anda

Dunia maya kadang membuat seseorang terhanyut sehingga mengabaikan lingkungan mereka, sehingga mengabaikan hal-hal nyata dalam hidup.

Meski sosial media dapat mendekatkan Anda dengan yang jauh, tapi apa gunanya jika orang-orang terdekat Anda justru menjadi jauh.

Meninggalkan sosial media dapat membuat hubungan Anda dengan orang-orang di dunia nyata lebih akrab, karena tidak akan terjadi lagi Anda mengabaikan mereka ketika Anda fokus menjelajah sosial media.

Menurut Cantor, meniggalkan sosial media dan menghabiskan lebih banyak waktu untuk orang-orang di sekitar Anda membantu hubungan Anda lebih akrab, dan hubungan yang terjalin dengan baik merupakan kunci dari kesejahteraan mental seseorang.

8. Anda Cenderung Menjadi Pribadi yang Tidak Mudah Bosan

Siapa yang mengeluarkan ponsel dan membuka sosial media ketika bosan? rasanya hampir semua orang. Ketika mengantri tiket bioskop, membeli makanan, atau menunggu seseorang.

Andrew Lepp, PhD, yang merupakan profesor spesialis sosial media dari Kent State University melakukan penelitian yang diadakan pada 41 mahasiswa menampakkan hasil yang mengejutkan.

Tujuan dari penggunaan sosial media yang diharapkan mengurangi kebosanan justru akan menambahkan rasa bosan setelah menggunakan 30 menit.

Dibanding dengan memantau sosial media, untuk mengisi waktu tunggu Anda lebih baik Anda mengisinya dengan membaca buku atau bermain teka-teki silang yang lebih melibatkan mental untuk menghilangkan kebosanan Anda.

9. Anda Akan Mengurangi Posisi Duduk

Menurut penelitian, para ilmuan mengemukakan bahwa terlalu lama duduk akan berdampak negatif pada kesehatan Anda sama halnya seperti merokok.

Para pengguna sosial media terutama facebook biasanya menghabiskan waktu lebih dari 1 jam untuk menjelajahi beranda mereka.

Mengurangi penggunaan sosial media atau bahkan meninggalkan sepenuhnya tentu dapat memberi dampak baik pada Anda, tapi jangan sampai diganti dengan bermain games dan menonton film yang memperbanyak aktivitas duduk Anda ya!

10. Anda Akan Mengenal Diri Anda Lebih Dalam

Kerap memjelajah sosial media akan membuat seseorang lebih memerhatikan aktivitas orang lain, selain membuat perbandingan pada diri sendiri juga akan berpengaruh pada konsep diri Anda yang tidak terarah.

Melihat pencapaian orang lain, kemungkinan akan memengaruhi keinginan Anda yang berbelok karena melihat orang lain berhasil mencapai keinginan mereka.

Berhenti dalam penggunaan sosial media tentu akan meminimalisir keinginan tersebut. Anda juga tidak akan goyah pada target hidup Anda karena komentar-komentar yang berlalu lalang pada postingan Anda.

11. Keterampilan Pengambilan Keputusan Anda Akan Meningkat

Bagi sebagian besar orang mengambil keputusan tentu bukanlah hal yang mudah. Keyakinan dan nilai yang dianut oleh seseorang dapat dipengaruhi oleh apa yang mereka baca.

Menurut studi dari Pew Research mengungkapkan bahwa banyak pengguna facebook yang mengambil keputusan berdasarkan link tulisan yang tersebar di beranda facebook.

Berhenti menggantungkan diri dari sosial media, tidak hanya dari facebook saja tentu akan membuat Anda lebih dapat mempertimbangkan baik-buruk suatu hal berdasarkan pemikiran matang diri Anda sendiri.

12. Anda Akan Mengurangi Perdebatan

Seperti yang sudah diketahui semua orang, bahwa sosial media tidak hanya digunakan untuk memposting aktivitas seseorang tapi juga untuk saling bertukar komentar.

Sayangnya, tidak sedikit pengguna sosial media yang kerap memberikan komentar negatif atau yang memicu perdebatan.

Jadi, ketika Anda berhenti menggunakan sosial media Anda akan merasakan ketenangan batin karena tidak perlu memperdebatkan hal-hal yang tidak pernah selesai.

Anda juga dapat menghemat tenaga Anda untuk hal-hal yang lebih baik, dibanding bertukar komentar negatif.

13. Kecerdasan Emosional Anda Dapat Lebih Meningkat

Keterampilan berharga seperti kecerdasan emosi yang baik ternyata dapat ditingkatkan dengan Anda berhenti menggunakan sosial media.

Hal ini harus ditunjang dengan aktivitas bermain sosial media yang diganti dengan berinteraksi dengan orang lain yang berfungsi dalam peningkatan kecerdasan emosional.

Ketika Anda menghabiskan waktu di depan ponsel atau laptop dengan bermain sosial media, Anda tentu kehilangan waktu untuk interaksi sosial yang lebih penting dari sekedar percakapan Anda bersama teman dunia maya Anda.

Itulah, 13 manfaat ketika Anda berhenti menggunakan sosial media. Selamat mencoba dan rasakan berbagai manfaatnya!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *