11 Tips Menumbuhkan Rambut Rontok dengan Makanan

  • Whatsapp
Tips Menumbuhkan Rambut Rontok dengan Makanan
Ilustrasi Rambut Rontok/Pixabay/slavoljubovski

LITERA NEWS – Ada banyak orang yang bingung bagaimana cara menumbuhkan rambut rontok yang dialami, meski berbagai tips telah dicoba dan tidak sedikit merogocoh kocek.

Padahal pada kenyataannya ada tips sederhana yang bisa saja dilakukan, seperti orang yang diet mengatur pola makannya.

Bacaan Lainnya

Karena berbicara bagaimana tips menumbuhkan rambut rontok, sama halnya dengan diet yang diatur dari pola makan, rambut rontokpun dapat diatasi dengan hal tersebut.

Hal ini dikarenakan rambut kita terdiri dari keratin yang tidak lain adalah protein, oleh karena itu memasukkan banyak protein dalam makanan kita selain menambah nutrisi pada tubuh juga dapat membantu merawat rambut kita dari kerontokan dan masalah rambut lainnya.

Tips Menumbuhkan Rambut Rontok dengan Pola Diet, Lewat Makanan

Mungkin Anda juga bertanya-tanya kenapa orang tua zaman dahulu memiliki rambut yang sehat, cantik, dan tidak mengalami rontok?

Padahal belum ada sampo, kondisioner, bahkan vitamin rambut. Ya, mengatur pola makan adalah salah satu jawabannya.

Bukan hanya perawatan luar yang penting diterapkan untuk rambut Anda, tetapi juga makanan apa yang Anda makan. Jadi pola makan yang benar adalah kunci rambut Anda tumbuh sehat.

Namun, makanan apa sajakah yang dapat membantu Anda menumbuhkan rambut agar rambut sehat dan terhindar dari rontok, berikut 11 makanan yang Litera News rekomendasikan.

1. Ikan

Hewan laut yang satu ini, dapat membuat rambut Anda halus dari dalam. Sebab ikan merupakan sumber protein terbaik, yang banyak mengandung sumber minyak alami dari omega-3.

Selain dapat mengatasi kerontokan rambut, mengonsumsi ikan juga berguna memperlancar sirkulasi di kulit kepala Anda lho.

2. Kacang dan biji-bijian

Tidak kalah dengan ikan yang mengandung banyak omega-3, kacang dan biji-bijiannya juga memiliki lemak omega-3 yang sehat.

Jenis kacang dan biji-bijian yang dapat Anda makan seperti kacang almond, kacang mete, biji labu, kuwaci atau biji bunga matahari dan yang terpenting adalah biji rami. Jenis kacang-kacangan bernama biji rami, biasanya digunakan sebagai olahan tepung, minyak dan suplemen.

Atau Anda juga dapat mengonsumsi kacang kenari, yang merupakan sumber vitamin E dan biotin yang berfungsi sebagai tabir surya alami pelindung matahari dan sinvar UV yang berbahaya  untuk rambut Anda.

Harus Anda ketahui, bahwa paparan langsung sinar matahari pada rambut Anda menyebabkan kerusakan parah dan rambut rontok.

Tetapi kacang kenari yang kaya biotin dapat mencegah kerontokan pada rambut Anda, dan juga kacang kenari yang mengandung tembaga dapat mempertahankan warna rambut alami Anda tetap berkilau.

3. Sayuran hijau

Selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh seperti mencegah penyakit jantung dan memperlancar sistem pencernaan. Ternyata semua sayuran hijau, dapat membantu Anda merawat rambut lho. Sebab sayuran hijau memiliki banyak kandungan zat besi yang dapat mencegah rambut dari kerontokan.

4. Telur

Telur merupakan makanan yang memiliki seluruh elemen yang dibutuhkan oleh kepala Anda. Hal ini dikarenkan telur mengandung empat unsur utama, seperti belerang, besi dan selenium.

Jika saja rambut Anda kekurangan salah satu empat elemen yang terkandung dalam telur ini, maka akan menyebabkan kulit kepala kering bersisik dan rambut rontok yang tak terhitung banyaknya.

Sumber lain dari elemen kaya ini adalah daging tanpa lemak, unggas, dan tiram.

5. Wortel

Tidak hanya bermanfaat bagi mata Anda, wortel juga ajaib untuk rambut Anda.

Tentu kita sudah mengetahui bahwa wortel memiliki banyak kandungan vitamin A yang berasal dari beta karoten dan tidak ada satu selpun dalam tubuh yang dapat berfungsi dengan baik tanpa vitamin A.

Termasuk dalam perawatan rambut Anda, jika Anda kekurangan vitamin A maka kulit kepala Anda akan kering, berketombe dan gatal.

Selain mengomsumsi wortel, untuk memperkaya vitamin A dalam tubuh Anda juga dapat mengonsumsi ubi jalar, labu kuning, mangga, dan aprikot.

6. Yogurt

Yogurt yang kaya akan vitamin B5 dan kalsium adalah salah satu obat yang tepat untuk mengatasi masalah rambut serta dapat membantu merawat rambut Anda.

Perawatan rambut menggunakan yogurt dapat dilakukan menggunakan dua cara. Yaitu Anda dapat mengoleskan yogut dirambut Anda atau juga dapat mengonsumsinya agar mendapat perawatan dari dalam.

Mengonsumsi yogurt secara rutin tentu berguna membantu pertumbuhan rambut Anda yang rontok agar dapat tumbuh lebih cepat.

Jika tidak menyukai yogurt, Anda juga dapat mencoba mengonsumsi produk susu yang lain seperti keju.

7. Berry

Buah-buahan keluarga berry juga dapat membantu Anda menumbuhkan rambut yang rontok, hal ini disebabkan karena buah ini merupakan sumber vitamin C yang kaya.

Buah keluarga berry untuk membantu Anda menumbuhkan rambut, di antaranya adalah strawberry, raspberry, serta blueberry.

Cara buah berry membantu pertumbuhan rambut adalah dengan membantu mengalirkan darah ke kulit kepala dan ke folikel rambut, sehingga rambut anda tumbuh dengan sehat.

8. Kacang-kacangan

Kacang dan kacang-kacangan yang kita makan setiap hari bertindak sebagai keajaiban bagi rambut kita.

Menjadi diet vegetarian yang kaya protein, kacang-kacangan dan kacang-kacangan juga mengandung biotin yang kekurangannya dapat menyebabkan kerusakan rambut.

Diet protein untuk pertumbuhan rambut ini juga sangat penting.

9. Buah plum

Buah dengan rasa asam manis ini dikenal memiliki sumber zat besi yang kaya.

Mengonsumsi buah plum dapat membantu meningkatkan kualitas rambut agar tumbuh sehat, sebab buah ini dapat membantu mengatasi rambut yang kering, penipisan rambut dan perubahan warna pada rambut.

Bagaimana, apakah Anda tertarik mengomsumsi buah berwarna ungu ini untuk perawatan rambut Anda?

10. Udang

Seafood yang satu ini ternyata dapat membantu mencegoh kerusakkan rambut, hal ini disebabkan udang memiliki sumber protein, vitamin B12, seng dan zat besi.

11. Air

Selain disarankan mengonsumsi 2 liter air setiap hari sebagai asupan cairan tubuh 20%, air juga berkontribusi banyak untuk perawatan rambut.

Air dapat membantu Anda menjaga kulit kepala Anda agar tidak kering dan memberikan kelembaban alami pada rambut Anda.

Yuk, jangan lupa untuk rutin mengonsumsi air 2 liter setiap hari. Agar tubuh sehat, rambut Anda juga!

Itulah 11 makanan yang dapat membantu Anda menumbuhkan rambut Anda agar tumbuh sehat, cantik dan berkilau.

Namun rasanya, mengatur pola makan tentu akan sia-sia jika Anda tidak menghindari hal-hal yang dapat membuat rambut Anda rusak.

Agar Rambut Tumbuh Sehat

Berikut, Anda juga perlu menyimak hal-hal yang perlu dihindari agar rambut anda  tumbuh sehat!

  1. Jangan gunakan semprotan, mousse atau gel yang telah lama. Sebab, penggunaan barang-barang tersebut hanya akan membuat rambut Anda indah untuk sementara waktu tapi akan memberi kerusakan ke depannya.
  2. Jangan lakukan perawatan yang membuat rambut Anda terasa panas seperti mencatoknya. Tahukah Anda bahwa rambut Anda dapat mengalami kerusakan jika terlalu sering mencatok rambut. Sebab  paparan panas yang dihasilkan, akan membuat rambut kering karena kehilangan kelembaban alaminya.
  3. Beri minyak rambut Anda dengan minyak alami seperti minyak kelapa, zaitun, almond, atau minyak jarak.
  4. Selain mengatur pola makan, hindari juga mengonsumsi rokok dan minuman keras. Ini akan berdampak banyak pada kerusakan rambut Anda.
  5. Jangan gunakan sampo dengan berbahan kimia, gunakanlah sampo yang berbahan herbal.

Nah, itulah tips menumbuhkan rambut rontok dengan pola makan yang sehat serta hal-hal yang perlu Anda hindari juga, yuk diterapkan jangan sampai Anda menyesal setelah rambut Anda menjadi botak karena kerontokan ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *