11 Manfaat Merawat Tanaman Bagi Kesehatan Mental

  • Whatsapp
Manfaat Merawat Tanaman untuk Kesehatan Mental
Ilustrasi Gambar Manfaat Tanaman untuk Kesehatan Mental/Pexells/Cottonbro

LITERA NEWS – Tanaman selain berfungsi sebagai pecantik ruangan, pelembab dan pembersih udara, juga bermanfaat untuk kesehatan mental Anda lho!

Kesehatan mental yang menurut WHO merupakan kondisi kesejahteraan seorang individu yang meliputi kemampuan mengelola stres, bekerja secara produktif dan menghasilkan serta berperan serta dalam komunitasnya.

Bacaan Lainnya

Tentu penting bagi Anda memiliki mental yang sehat agar dapat menjalani kehidupan Anda sehari-hari dengan bahagia dan sejahtera. Mengingat mental yang terganggu tentu akan mengganggu banyak aspek dalam kehidupan Anda.

Rekomendasi Jenis-jenis Tanaman

Ternyata salah satu upaya agar mental Anda tetap sehat adalah dengan aktif berinteraksi dengan alam terutama kontak langsung dengan tanaman, agar lebih menyenangkan Anda dapat memilih jenis tanaman yang Anda sukai.

Seperti tanaman calathea velvet, strings of heart, chinese money, dan masih banyak lagi tanaman hias lainnya yang digadang-gadang akan menjadi tanaman populer 2021.

Atau mungkin Anda juga dapat mrawat salah satu jenis tanaman unik yang dikerdilkan atau bonsai. Seperti bonsai bunga asoka, bonsai gaya sapu, bonsai gaya cascade, hingga bonsai bambu yang memiliki harga bonsai termahal.

Manfaat Merawat Tanaman untuk Kesehatan Mental

Jika Anda telah menentukan tanaman apa saja yang ingin Anda koleksi dan rawat di rumah Anda, agar lebih semangat Anda dapat mengetahui manfaat merawat tanaman-tanaman Anda tersebut bagi kesehatan mental Anda.

Litera News melansir dari laman psychology today, simak selengkapnya:

1. Mengurangi Stres

Menghabiskan waktu untuk lebih dekat dengan alam termasuk merawat tanaman dapat membantu mempercepat menyembuhkan kelelahan mental, menurunkan kecemasan, memperlambat detak jantung, dan mengurangi tekanan darah tinggi.

2. Mengurangi Gejala Depresi

Sebuah penelitian yang diadakan di Korea untuk mengurangi depresi membandingkan efek cognitive behavior therapy (CBT) yang dilakukan di ruangan dengan terapi yang dilakukan di alam.

Hasilnya, gejala depresi lebih berkurang secara signifikan menggunakan terapi CBT yang dilakukan di alam hingga 30%.

Jika dengan berada di alam saja dapat membuat mengurangi depresi, tentu merawat tanaman yang merupakan sebuah proses menyatu dengan alam akan memberikan dampak yang sama atau bahkan lebih baik.

3. Membuat Ingatan Lebih Kuat

Dibandingkan orang-orang yang biasa menghabiskan waktunya di kantor, sudut-sudut kota yang ramai, dan macetnya lalu lintas.

Orang-orang yang tinggal di tempat yang hijau, di kelilingi tanaman yang dirawat dengan cinta dikatakan lebih fokus saat tes memori kerja mereka.

4. Mengurangi Gejala Stres Pasca Trauma

Korban bencana alam dan mantan veteran perang yang melakukan program terapi berbasis alam salah satunya dengan merawat tanaman.

Menurut sebuah penelitian lebih mudah mengembangkan pikiran positif dan mengendalikan gejala post traumatic stress disorder (PTSD).

5. Membantu Merawat Anak dengan Gangguan ADHD

Gangguan ADHD atau attention deficient disoreder, merupakan sebuah gangguan yang membuat seorang anak kesulitan memfokuskan perhatian mereka pada satu pekerjaan atau aktivitas.

Berjalan-jalan di alam, melihat pemandangan dan merawat tanaman untuk anak ADHD menurut penelitian dapat meningkatkan tingkat fokus mereka dibandingkan dengan berjalan-jalan di perkotaan.

6. Meningkatkan Produktivitas dan Konsentrasi Para Pekerja dan Siswa

Setting ruangan menggunakan konsep alam baik di sekolah maupun kantor yang bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi Anda.

Selain itu juga dapat meningkatkan kreativitas, membuat Anda lebih rileks, membuat suasana hati ikut membaik, dan bermanfaat juga untuk kondisi fisik seperti mengurangi kumatnya penyakit asma.

7. Meningkatkan Kreativitas

Kunjungan ke tempat wisata alam hingga berkomunikasi langsung dengan tanaman, terbukti dapat meningkatkan kreatifitas seseorang. Selain itu juga, berpengaruh baik pada suasana hati dan meningkatkan vitalitas.

8. Mengurangi Gejala Demensia

Demensia merupakan sebuah penyakit yang menurunkan daya ingat dan cara berpikir. Penyakit ini tentu akan mengganggu kehidupan normal para penderitanya.

Berjalan-jalan dialam hingga merawat tanaman akan berdampak positif bagi pencegahan penyakit yang tentu perlu Anda hindari jika ingin tetap dapat menikmati hidup Anda hingga usia senja.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa para pasien demensia menjadi lebih aktif dan kemampuan kognitif mereka menjadi membaik setelah mengikuti kegiatan berkebun.

9.  Menajamkan Intelektualitas

Menurut para peneliti, sering terlibat dengan alam seperti berkebun atau merawat tanaman tidak hanya berdampak pada kesehatan mental dan emosi saja.

Kegiatan ini juga dapat membuat Anda belajar untuk meningkatkan ketajaman intelektualitas Anda. Menurut Dr. Nikos Salingaros meyatu dengan alam dan merawat tanaman dapat meningkatkan ukuran otak dan kemampuan bekerja Anda.

10. Meningkatkan Harga Diri

Berolahraga bagi pria dan wanita di lingkungan yang penuh dengan pepohonan menurut studi berdampak positif pada peningkatan harga diri dan suasana hati yang baik.

Wah, padahal hanya berada pada tempat yang dikelilingi tanaman saja ya. Apalagi jika merawatnya!

11. Menaikkan Kualitas Hidup Secara Keseluruhan

Manfaat berinteraksi dengan alam seperti merawat tanaman yang terakhir ialah dapat menaikkan kualitas hidup Anda secara keseluruhan.

Para peneliti mengungkapkan bahwa kegiatan ini menghasilkan perasaan positif, kenyamanan, membuat Anda relaksasi, menimbulkan rasa bahagia, menumbuhkan harapan tentang hidup dan memberi kepuasan pada batin Anda sehingga Anda tidak mudah menyerah.

Nah, itulah 11 manfaat merawat tanaman bagi kesehatan mental Anda. Tunggu apalagi, segera mengoleksi tanaman di rumah dan Anda dapat merawatnya setiap hari agar mendapat banyak manfaat!

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *